IVENDO Sebut Angin Segar Pemerintah Selamatkan Pelaku Ekonomi Kreatif & Event | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 30 Juni 2022
Diposting : 18 March 2021 21:13
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / VAKSINASI - Menteri Sandiaga saat mendampingi Presiden Presiden Joko Widodo Tinjau Vaksinasi Pelaku Parekraf di Bali beberapa waktu lalu

balitribune.co.id | Denpasar – Selamatkan pelaku ekonomi kreatif di Bali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno akan izinkan event dan pertunjukan seni musik di pulau ini. Tidak hanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM yang mulai dilonggarkan, para pelaku ekonomi kreatif kini mulai diberikan izin untuk menyelenggarakan kegiatan dan event.

Hal tersebut disampaikan Menteri Sandiaga usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi massal untuk tenaga kerja pariwisata di dua tempat di Bali yaitu Kabupaten Gianyar dan Badung beberapa waktu lalu. 

Pihaknya menyatakan bahwa pelaku ekonomi kreatif sudah bisa bergerak kembali untuk menyelenggarakan event termasuk pertunjukan seni musik, secara bertahap. Pada pelaksanaan event tersebut, penyelenggara harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Satgas Covid-19 dan pihak kepolisian.

Sandiaga mengaku telah berdiskusi dengan Kapolri terkait dengan pemberian izin pertunjukan dalam industri kesenian dan hiburan, dengan mematuhi syarat syarat protokol kesehatan ketat dan panduan kebersihan, kesehatan, keamanan dan lingkungan (CHSE). Kebijakan ini dinilai bisa menyelamatkan nasib para pelaku ekonomi kreatif termasuk musisi ditengah situasi pandemi Covid-19.

"Kalau event sudah bisa mulai digagas dan dikoordinasikan dengan aparat kepolisian setempat dan Satgas Covid-19 dan pemerintah daerah. Itu sudah diputuskan pada video conference tersebut. Silahkan teman-teman untuk menyelenggarakan event tentunya dalam sinergi melibatkan semua pihak. Sehingga pelaku ekonomi kreatif ini sudah bisa bergerak kembali termasuk event konser musik dengan protokol kesehatan yang ketat, dan displin  dengan menjaga jarak memakai masker," papar Menteri Sandiaga. 

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dewan Industri Event Indonesia (IVENDO) Bali, Grace Jeanie menyambut baik upaya pemerintah dalam menyelamatkan ekonomi kreatif di pulau ini yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut  memberikan angin segar bagi industri pariwisata dan kreatif di Indonesia, khususnya yang berada di Provinsi Bali.

Adanya rencana peningkatan vaksinasi maupun program-program pemerintah lainnya seperti, stimulus dan bantuan sosial serta bantuan pemerintah yang akan digalakkan di tahun 2021 ini membuat pelaku usaha di bidang event semakin optimis. "Kami meyakini selama kita benar-benar mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan baik, vaksinasi dipergencar dan kita semua saling bahu-membahu bisa segera terealisasi," katanya. 

Grace mengungkapkan, sejak tahun lalu tagline yang IVENDO Bali gaungkan adalah 'engage, collaborate accelerate & we are warriors not worriers' untuk membangun semangat positif di anggota. "Harus ada penerapan prokes yang bukan hanya etalase yang menyentuh semua sektor, serta lapisan masyarakat di Bali dengan sistem kontrol kuat. Saat ini tidak cukup hanya sosialisasi, tapi pelatihan secara masif dan terus menerus khususnya di industri pariwisata," ungkapnya. 

Sejak tahun 2020 lalu IVENDO telah mempersiapkan hal tersebut bahkan sudah mengadakan pelatihan Officer CHSE untuk tingkat dasar bagi anggota. Dari IVENDO Bali saat ini ada sekitar 40 orang yang  bersertifikat Officer CHSE. "Selain itu IVENDO juga sudah memiliki trainer serta auditor CHSE. Kami siap dilibatkan. Bahkan tahun lalu kami sempat diminta melatih di Kepulauan Riau untuk 900 peserta dari industri pariwisata selama sekitar 1 bulan," imbuhnya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler