Jaga Baya Dulang Mangap Dilantik Diminta Bersinergi dengan TNI-Polri | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 23 September 2020
Diposting : 10 August 2020 01:23
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune/ PELANTIKAN - Wabup Kembang saat pelantikan Jaga Baya Dulang Mangap Kabupaten Jembrana.
Balitribune.co.id | Negara - Jaga Baya Dulang Mangap telah resmi terbentuk di Jembrana. Organisasi di bawah naungan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) ini diminta mempererat sinergi dengan Polri dan TNI.
 
Jaga Baya Dulang Mangap, sebuah organisasi pasemetonan (keluarga besar) Pasek Kabupaten Jembrana, secara resmi dilantik oleh Ketua Jaga Baya Dulang Mangap Provinsi Bali Kadek Agus Suartana, di Wantilan Pura Jagat Natha, Sabtu (8/8). Pelantikan ditandai dengan penyerahan tongkat komando kepada Ketua Jaga Baya Dulang Mangap Kabupaten Jembrana I Ketut Destra.
 
Pelantikan Jaga Baya Dulang Mangap yang pertamakalinya di Jembrana ini juga disaksikan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan dan Sekjen Dulang Mangat Pusat I Ketut Pasek Denia beserta para Sulinggih.  Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan meminta, dalam menjalankan tugas-tugasnya di lapangan agar dapat semakin mempererat sinergi dengan petugas keamanan lainnya. ”Jaga Baya Dulang Mangap memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat khususnya dalam menjaga persatuan dan melindungi pesemotonan warga pasek di Bali. Untuk itu, saya berharap dalam tugas-tugasnya di lapangan nanti hendaknya dapat lebih mempererat sinergi dengan petugas TNI dan Polri,” ujarnya. 
 
Dikatakannya, Jaga Baya Dulang Mangap memiliki motto Satya Ring Sesana. Sehingga selain  memiliki ketahanan fisik yang kuat dan terlatih, juga memiliki etika dan prilaku yang santun. ”Kami tidak ingin Jaga Baya Dulang Mangap di Kabupaten Jembrana secara fisik tidak sehat. Sebagai petugas pengamanan tentu dibutuhkan personel yang sehat dan kuat dan, yang paling penting adalah dalam menjalankan tugasnya itu hendaknya selalu bersifat sopan, beretika,” paparnya.
 
Jaga Baya Dulang Mangap diharapkannya siap ngayah yang tidak hanya sebatas ucapan saja, melainkan ngayah yang sejatinya. Dalam masa pandemi, Jaga Baya Dulang Mangap diminta ikut bersama-sama berperan mencegah penularan Covid-19. “Mari kita berjuang bersama untuk kemajuan daerah terutama agar pandemi ini segera berakhir melalui sosialisasi maupun edukasi masyarakat,” tandasnya.