Jalan Jebol di Kaliasem Usik Jalur Padat Pelajar | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 07 Agustus 2020
Diposting : 30 November 2019 13:50
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/ JEBOL - Jalan Jebol di Jalan Kaliasem, Gianyar Kota.
balitribune.co.id | Gianyar - Jalan Kaliasem, di Lingkungan Candi Baru, Gianyar kota, kini hampir setiap pagi dan siang diwarnai kemacetan. Menyusul jebolnya gorong-gorong di persimpangan padat aktifitas sekolah dan padat permukiman. Warga di komplek perumahan tersebut berharap jalan lingkungan yang dijadikan jalan alternatiif pengalihan saat penutupan Jalan By Pass Dharma Giri serta jalur evakuasi RSU Sanjiwani Gianyar itu segera disikapi.
 
 Menghindari kecelakaan, jalan jebol di persimpangan Jalan Kaliasem,  atas inisitif warga diisi tanda tiga bambu yang ditancapkan. Karena lebara jalan terbilang sempat, kendaraan roda empat juga sulit melintas. Bahkan kendaraan sepeda motor yang hendak menyeberang dan berpapasan juga harus ekstra hati-hati agar tidak tabarakan saat menghindari lubang yang tepat di tengah-tengah jalan itu.
 
Pande Suparta, salah seorang warga, Jumat (28/11), menyebutkan,  jebolnya gorong-gorong di persimpangan itu terihat mulai awal l bulan November lalu. Saat itu memang terlihat sedikit pada permukaan aspalnya, namun di dalamnya sudah jebol. Lantaran kerap dilalui kendaraan, sehingga lubangnya semakin melebar. "Teman saya sempat jatuh saat mengendri sepedamotor pada malam hari. Karen memang dia tidak tau situasinya. Syukur, lukanya tidak parah,” terangnya. 
 
Persimpangan itu terbilang vital. Karena menghubungkan ke jalur sekolah SMP, SD, TK hingga PAUD. Karena itu, saat pgi hri dan siang hari ketika bubar sekolah kemacetan tidak bisa dihindarkan. Apalagi diperparah dengan jebolnya gorong-gorong dipersimpanagan itu. Sementara di Hari Minggu, jalur ini dijadikan jalan pengalihan penutupan Jl. By Pass Mandara Giri lantaran kegiatan Care Free Dai di Taman Kota. Jalur ini juga merupakan jalur evakuasi dari RSUD Sanjiwani. Karena tembusan dari pintu belakang RS ketika terjadi gawat darurat. Terlebih saat ada proyek di RS, truk molen yang membawa material juga keluar dari Jalan Kaliasem tersebut. 
 
Kadis PU Gianyar I Wayan Karya yang dihubugi mengaku sudah amenerima laporan jalan jebol itu dan akan masih mengecek lokasi dan ukuran jalan yang berlubang tersebut. "Kami sudah terima laporannya. Masih kami cek ke lokasi untuk diperbaiki," terangnya.