Jelang Libur Nataru Pihak Bandara Antisipasi Penyebaran Penyakit Menular | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 28 Februari 2024
Diposting : 11 December 2023 02:13
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / KEBERANGKATAN - Suhu tubuh penumpang terekam di pintu masuk Terminal Keberangkatan Internasional I Gusti Ngurah Rai

balitribune.co.id | Badung - Pihak terkait melakukan antisipasi penyebaran sejumlah penyakit menular yang dibawa oleh pelaku perjalanan udara dari luar negeri. Pasalnya, akhir-akhir ini menjelang libur akhir tahun, beberapa negara mengonfirmasi adanya kasus Covid-19 dan radang paru-paru misterius. Sebagai pintu masuk Bali dari luar negeri, pihak terkait di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah melakukan antisipasi penyebaran penyakit menular. Demikian ditegaskan Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV, Agustinus Budi Hartono saat ditemui di bandara setempat, Kuta, Badung beberapa waktu lalu. 

Kata dia, menindaklanjuti adanya penyakit menular tersebut, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) pun mengeluarkan Surat Edaran. Otban telah berkoordinasi dengan KKP di bandara setempat untuk menyediakan ruangan khusus bagi pelaku perjalanan yang dalam kondisi tidak sehat. Jika pelaku perjalanan terdeteksi mengalami tanda-tanda sakit radang paru-paru maupun Covid-19, maka akan dibawa ke rumah sakit yang telah ditunjuk yakni ada 3 rumah sakit.

"Sudah ada Surat Edaran dari KKP dan di bandara masih observasi dengan pemasangan thermoscanner untuk mendeteksi suhu tubuh. Saya sudah koordinasikan dengan KKP, ada ruangan khusus dan dibawa ke rumah sakit, ada 3 rumah sakit," ungkapnya. 

Ia pun mendorong keterlibatan komunitas di bandara untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit menular yang berpotensi dibawa pelaku perjalanan. 

Mengingat jelang periode libur akhir tahun yaitu Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) trafik pelaku perjalanan udara yang keluar masuk Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai diprediksi meningkat. 

Pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai telah menempatkan 5 unit thermoscanner di area kedatangan dan keberangkatan internasional yang berfungsi memindai suhu tubuh penumpang. Petugas KKP melalui monitor thermoscanner akan melakukan pengamatan visual dan pemeriksaan terhadap gejala-gejala pelaku perjalanan udara terinfeksi penyakit menular seperti panas badan yang melebihi dari suhu normal.

Kendati beberapa negara mengalami lonjakan kasus Covid-19, ia mengakui sudah ada maskapai penerbangan yang mengajukan penerbangan tambahan saat periode Nataru. "Sudah ada yang mengajukan penerbangan tambahan (periode Nataru). Saat ini yang terbanyak (pelaku perjalanan luar negeri) memang masih dari Australia," sebutnya.

Akhir tahun ini kata dia kedatangan dari Cina (Tiongkok) diprediksi akan meningkat dengan adanya rencana penambahan  penerbangan langsung dari Cina ke Bali.