Jelang Naru, Telkomsel Lakukan Upaya Penguatan Kualitas dan Kapasitas Jaringan | Bali Tribune
Diposting : 14 December 2020 18:34
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / Konferensi pers Telkomsel melalui virtual jelang Naru

balitribune.co.id | Denpasar – Pada Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Naru) Telkomsel memprediksi trafik layanan data akan mengalami peningkatan sebesar 10,19% dibandingkan dengan hari biasa 2020. Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS diproyeksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 4,89% dan voice diprediksi trafiknya akan tumbuh sebesar 2,76%.

Jika dibandingkan dengan Naru sebelumnya, Telkomsel memprediksi trafik data akan tumbuh 49,3%. Prediksi tersebut didasari pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini. Dimana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh 7,32%, layanan communications (seperti instant messaging dan video conference) melonjak 22,52%, layanan streaming video naik 12,47%, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,65%, akses browsing naik 14,21%, serta akses layanan e-commerce yang akan tumbuh sekira 13,17%.

Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru 2019, pertumbuhan yang terjadi diprediksi mencapai 0,8%. Untuk layanan Voice, Telkomsel memprediksi trafiknya akan tumbuh 2,76% dari hari biasa di tahun ini. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, trafik layanan Voice diperkirakan akan turun 12,1%. 

Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di 550 titik POI (Point of Interest) yang mencakup 304 area residensial, 23 wilayah rumah sakit utama penanganan Covid-19, serta 223 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, jalan, serta fasilitas umum lain).

Telkomsel menjamin ketersediaan produk dan layanan bagi pelanggan demi memastikan kenyamanan pengguna melalui penguatan kolaborasi bersama lebih dari 60.000  mitra strategis dengan melakukan optimalisasi berbagai saluran digital selama Naru. Berdasarkan prediksi trafik tersebut, Telkomsel mengambil langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan, khususnya pada konektivitas broadband, di 550 point of interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro kepada awak media saat konferensi pers melalui virtual, Senin (14/12) menyampaikan momen perayaan Hari Natal dan Tahun Baru saat ini masih harus dijalani dengan suasana masa pandemi yang penuh tantangan. Sehingga, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia akan terus bergerak maju untuk selalu hadir menemani setiap fase kehidupan masyarakat.

Menjelang Naru, Telkomsel melakukan kegiatan pengamanan dan peningkatan kualitas jaringan broadband, program loyalitas beserta promo produk digital unggulan, hingga aktivitas berbagi untuk sesama melalui program tanggungjawab sosial perusahaan, guna menemani masyarakat dengan semangat serta optimisme yang positif khususya dalam menyongsong tahun baru. 

Vice President Network Infrastructure and Security Operation Telkomsel, Rahmat Novalianto jelang Naru, Telkomsel telah melakukan uji jaringan di Pulau Jawa-Bali sampai Pantai Kuta total 5.612 Kilometer. "Hasil uji jaringan Jawa-Bali diperoleh baik," ucapnya.

Direktur Network Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan dalam melakukan upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan di POI yang telah ditentukan, Telkomsel mengoperasikan tambahan 587 BTS 4G LTE baru, dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps untuk menjamin kelancaran akses layanan data bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Hingga November tahun ini, Telkomsel juga telah mengoperasikan teknologi 4G LTE di seluruh BTS USO yang tersebar di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), termasuk perbatasan negara hingga pelosok negeri, sekaligus melengkapi lebih dari 233.000 BTS Telkomsel yang sudah beroperasi melayani lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia.

Selain itu, Telkomsel juga menjalankan drive test atau uji jaringan, dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di setiap wilayah. Total jarak tempuh uji jaringan kali ini mencapai 14.008 km, yang mencakup 26 ruas tol. Kata dia, Telkomsel menjamin ketersediaan produk dan layanan pelanggan guna memastikan kenyamanan pengguna selama momen Naru. 

Telkomsel telah berkoordinasi dengan lebih dari 60.000 mitra strategis, yang terdiri dari 61 mitra distributor dan 530 Telkomsel Distribution Center, 51.980 mitra modern channel, 3.644 mitra outlet/reseller Siaga, 3.827 Sales Agent, 23 mitra e-commerce dan fleet management, serta 43 mitra perbankan untuk memastikan ketersediaan produk dan layanan Telkomsel. Upaya tersebut diwujudkan dengan bersinergi bersama para mitra untuk memaksimalkan berbagai saluran penjualan digital yang menyediakan produk-produk Telkomsel. Untuk memperkuat sinergi, Telkomsel telah menyiapkan berbagai program insentif menarik khusus bagi para mitra strategis.