Jokowi Pimpin Peringatan HUT ke-75 TNI secara Virtual | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 05 Desember 2021
Diposting : 6 October 2020 05:24
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/HUT TNI – Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara (Irup) HUT TNI ke-75 di Istana Negara, Senin (5/10/2020).
Balitribune.co.id | Denpasar - Bertempat di Aula Makodam IX/Udayana, Denpasar, Senin (5/10) pagi kemarin, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara bersama Forkopimda Provinsi Bali, mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-75 TNI secara serentak di seluruh satuan TNI di Indonesia dengan Inspektur Upacara (Irup) Presiden RI Ir H Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.
 
Dalam amanatnya pada intinya, atas nama rakyat, bangsa, dan negara, Presiden menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian, pengorbanan, dan sumbangsih TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. Peringatan HUT kali ini merupakan bukti bahwa TNI sebagai penjaga negara dan penjaga keutuhan NKRI.
 
Bentuk komitmen pemerintah dengan mendukung pembentukan satuan baru untuk menjalankan tugas secara optimal, guna mengantisipasi perkembangan situasi dan kondisi pada masa depan yang lebih kompleks. Dalam diri prajurit TNI harus melekat karakter pejuang dan TNI harus senantiasa siap bekerja sama dengan semua pihak, sehingga tercipta sinergi yang solid sebagai kekuatan terbesar dalam memenuhi panggilan tugas.
 
"Saya sebagai Panglima Tertinggi TNI dan atas nama Pemerintah mendukung penguatan TNI dengan mengikuti perkembangan zaman, sehingga TNI senantiasa dapat menghadapi segala perubahan yang sangat dinamis dan kompleks, serta TNI lebih profesional dalam melaksanakan tugas untuk menjaga kedaulatan dan  keutuhan NKRI," ujar Presiden Jokowi.
 
Di akhir amanatnya, Presiden juga berterimakasih kepada TNI yang menjadi garda terdepan dalam melaksanakan tugasnya, termasuk penanganan korban bencana alam, penanganan pandemi Covid-19, baik dalam mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang sedang melanda dunia dan Indonesia pada khususnya.
 
"Tingkatkan kemampuan dan profesionalisme dalam menerima dan menjalankan tugas untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. Pegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit untuk membawa Indonesia menjadi negara yang maju," perintah Joko Widodo.
 
Selesai kegiatan upacara Presiden RI melaksanakan video conference (vidcon) dengan menanyakan keadaan dan situasi di masing-masing tempat tugas anggota TNI yang melaksanakan tugas di luar negeri, yang tergabung dalam pasukan PBB di Kongo, Satgas TNI Pengamanan Daerah Pulau Terdepan di Pulau Sekatung wilayah Natuna, Satgas TNI Pengamanan Wilayah Natuna Utara, Satgas Pandemi Covid-19 di Pulau Galang, Satgas TNI Pengamanan Wilayah Udara Nasional di Pulau Saumlaki, dan Satgas TNI Pengamanan Perbatasan RI-PNG di Sekow. 
 
"Terima kasih dan selamat bertugas dimana pun kalian berada dan laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Tingkatkan profesionalitas dan sinergi dengan semua pihak untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI", tegas Presiden RI.
 
Usai mengikuti upacara di Aula Makodam IX/Udayana, dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah di Ruang Stanayudha Kodam IX/Udayana. Saat itu Pangdam mendapat surprise dari Kapolda Bali berupa kue tart dan nasi tumpeng yang dibawa oleh anggota Polda Bali dengan diiringi lagu selamat ulang tahun. 
 
Turut hadir Gubernur Bali I Wayan Koster, Kapolda Bali,   Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Danlanal Denpasar, para Asisten Kasdam IX/Udayana, beberapa Komandan/Kepala Sat jajaran Kodam IX/Udayana.