Kapolda Bali Lepas 319 Anggota Pensiun, PP Polri Siap Bina Para Purnawirawan | Bali Tribune
Diposting : 1 July 2022 03:40
RAY - Bali Tribune
Bali Tribune / PURNAWIRAWAN - Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra melepas 319 anggotanya yang masuk purna bhakti Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 23 Persatuan Purnawirawan (PP) Polri, Kamis (30/6)
balitribune.co.id | DenpasarBertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 23 Persatuan Purnawirawan (PP) Polri, Kamis (30/6), Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra melepas 319 anggotanya yang masuk purna bhakti. Dari jumlah tersebut, satu orang berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol), 37 orang pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), 13 orang pangkat Komisaris Polisi (Kompol) 39 orang pangkat Ajun Komisaris Polisi AKP, IPTU 15 orang, IPDA 41 orang dan Bintara 146 orang. 
 
Putu Jayan Danu Putra dalam sambutannya mengatakan, masa pensiun bukanlah usia yang tidak produktif lagi. Sehingga jendral bintang dua ini berpesan kepada para purnawirawan untuk ikut aktif dan berperan serta dalam menjaga Kamtibmas di lingkungannya masing - masing.
"Masa pensiun bukan berarti usia sudah tidak produktif lagi mungkin karena mulai lupa dan sebagainya. Ini tidak bagi seorang bhayangkara sejati. Masa pensiun jalani dengan kebahagiaan. Merupakan periode emas bagi bhayangkara sejati. Untuk itu, tetap ikut menjaga Kamtibamas di Masyarakat," ungkapnya.
 
Ketua PP Polri Daerah Bali, Brigjen Pol (Purn) Nyoman Gede Suweta menyambut baik pesan Putu Jayan Danu Putra itu. Mantan Wakapolda Bali ini mengaku siap membina para purnawirawan Polri.
 
"Makna dari penyerahan tadi bukan hanya sekedar penyerahan saja anggota yang pensiun kepada PP Polri. Tadi Bapak Kapolda mengatakan, setelah beliau membina selama ini karena masih aktif, sekarang sudah masa pensiun diserahkan ke PP Polri untuk membina. Dan kita PP Polri siap membina para purnawirawan ini. PP Polri ini organisasi yang tidak mencari anggotanya karena secara otomatis setelah pensiun langsung masuk ke PP Polri. Masa pensiun karena oleh usia, tetap jiwa bhayangkara tetap selalu ada. Seorang purnawirawan harus ikut menjaga Kamtibmas dan menegakkan hukum di lingkungan tempat tinggalnya masing - masing," ujarnya. 
 
Hal ini senada dengan amanat Ketua Umum PP Polri Jendral Polisi (Purn) Bambang Hendarso Danuri yang dibacakan Gede Suweta bahwa PP Polri memperkokoh komitmen dan memantapkan konsistensi sikapanya untuk terus mendukung dan mensukseskan tugas pokok, fungsi, peran serta wewenang Polri agar seluruh jajaran Polri semakin profesional, modern, terpercaya dan prediktif, responsibilitas serta transparansi berkeadilan. PP Polri sangat menyadari akan adanya beberapa agenda atau target capaian strategis yang harus dapat diwujudkan oleh institusi Polri menuju Indonesia maju tahun 2025. 
 
Ketua Panitia HUT ke 23 PP Polri, Kombes Pol (Purn) Ni Made Asmirawati mengatakan, sebelum merayakan puncak HUT PP Polri, pihaknya melakukan sejumlah kegiatan sosial mengunjungi anggota yang sakit dan memberikan bantuan kursi roda. Sementara mantan Kapolda Bali yang juga Gubernur Bali, Made Mangku Pastika memberikan bantuan mobil ambulance untuk keluarga besar Purnawirawan Polri Daerah Bali dan beberapa kursi roda. Selain aksi sosial, para purnawirawan juga melaksanakan olahraga bersama pada Minggu (26/6) lalu.
 
"Sebelum ini, kami mengunjungi tiga puluh dua orang purnawirawan yang sakit. Tapi kami disambut dengan tangisan, terutama bagi mereka yang hanya di atas tempat tidur saja. Karena mereka merasa masih ada orang yang memperhatikan mereka," tuturnya.