Kapolda Pantau Ibadah Imlek | Bali Tribune
Diposting : 1 February 2022 21:44
RAY - Bali Tribune
Bali Tribune / PANTAU IMLEK – Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra memantau ibadah Imlek 2573 di Vihara Satya Dharma, Sanggaran, Denpasar, Selasa (1/2).

balitribune.co.id | DenpasarKapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra memantau langsung ibadah Imlek Tahun Lunar 2573/ 2022 Masehi di Vihara Satya Dharma, Sanggaran, Denpasar, Selasa (1/2). Selain untuk pastikan keamanan, jenderal bintang dua inu juga mau memastikan agar patuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

Dalam kesempatan tersebut, Putu Jayan Danu Putra menjelaskan pengamanan Hari Raya Imlek ini dilakukan personel Polda Bali di seluruh Kabupaten dan kota se Bali yang berjumlah 35 tempat ibadah. Pengamanan Imlek ini dilakukan secara terpadu antara Polri, TNI, Pecalang dan petugas pengamanan internal.

"Kami menempatkan personel sesuai kebutuhan. Jika di tempat ibadah yang banyak masyarakat porsonelnya ditambah. Intinya adalah pengamanan kendaraan-kendaraan lalu lintas, serta kelancaran keluar masuk tempat ibadahnya. Pengamanan tersebut tentunya juga sebagai antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat," ungkapnya.

Dikatakannya, jajaran Polda Bali sudah menggelar cipta kondisi pengamanan sejak sehari sebelum perayaan Imlek berlangsung. Selain untuk menjaga Kamtibmas, penerapan Protokol Kesehatan juga menjadi fokus utama. Aparat dan panitia mengatur kapasitas umat yang akan melaksanakan persembahyangan dengan diisi hanya 20 persen saja setiap tahapan.

"Ya, tentunya mengindari kerumunan yang berpotensi menjadi penyebaran Covid-19 khususnya varian Omicron," katanya.

Menurut Putu Jayan, pengamanan dan penerapan Prokes di Vihara Satya Dharma sudah dilakukan dengan sangat baik. Setelah memastikan kemanan dan penerapan Prokes, Kapolda dan panitia Imlek Vihara Satya Dharma bersama-sama melakukan pelepasan burung sebagai tanda pelestarian alam. Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1989 ini juga secara khusus menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat yang merayakan hari raya Imlek.

"Kepolisian Daerah Bali mengucapkan selamat merayakan tahun Baru Imlek 2573, Gong Xi Fa Cai, semoga semua umat diberkati serta diberi kebahagiaan," ujarnya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler