Ke Jatiluwih, Obama Batal ke Besakih | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 28 Februari 2024
Diposting : 28 June 2017 19:49
redaksi - Bali Tribune
Barack Obama
Suasana Pura Besakih tampak sangat kondusif di tengah kabar Barack Obama akan mengunjungi pura tersebut.

BALI TRIBUNE - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama batal mengunjungi objek wisata Pura Besakih. Berdasarkan informasi yang diterima baik oleh Bendesa Adat Besakih maupun pihak Badan Pengelola Pura Besakih, Barack Obama memang dijadwalkan akan berkunjung ke pura terbesar di Bali itu dalam rangkaian liburannya di Pulau Dewata, pada Selasa (27/6). dari jadwal yang beredar, Barack Obama bersama rombongan akan tiba di Pura Besakih pada pukul 12.00 Wita, namun hingga pukul 14.00 Wita, baik aparat kepolisian maupun Bendesa Adat Besakih belum mendapatkan kepastian soal kunjungan Barack Obama itu sebelum akhirnya diperoleh informasi jika Barack Obama dan keluarga hanya berkunjung ke Tirta Empul, Pura Gunung Kawi dan objek wisata Jatiluwih, Tabanan.

Dari pantauan koran ini, sejak pagi kemarin puluhan aparat keamanan baik dari TNI/Polri sudah bersiaga dan melakukan penyisiran guna mensterilkan areal Pura Besakih. Sejumlah aparat keamanan juga disebar di sejumlah titik untuk memantau situasi. Sangat sulit membedakan aparat keamanan dengan para pemedek yang tangkil ke Pura Besakih, karena hampir seluruh aparat mengenakan pakaian adat sembahyang dan membaur dengan masyarakat. Pengamanan dilakukan ekstra ketat namun tidak nampak dan seolah seperti biasa saja.

“Kami mendapatkan informasi mengenai rencana kunjungan Barack Obama dari biro perjalanan. Makanya dari pagi kami sudah melakukan berbagai persiapan dan menunggu kedatangan beliau (Barack Obama,red) tapi sampai sore belum ada informasi kepastian,” ungkap Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiarta.

Warga Besakih dan pihak Badan Pengelola Pura Besakih kata Jro Mangku Widiarta sangat antusias dengan rencana kedatangan Barack Obama ke Besakih.

 

Kunjungi Jatiluwih

Jatiluwih menjadi salah satu objek wisata yang dikunjungi mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama saat menikmati liburan di Bali, Minggu (25/6) lalu.

Dari pantauan di lapangan, Obama tiba di DTW Jatiluwih sekitar pukul 16.00 Wita. Nampak pengawalan yang dilakukan sangat ketat, para pengunjung yang kebetulan berada di lokasi pun nampak sangat antusias ketika melihat mantan Presiden AS ini keluar dari kendaraannya dengan celana jeans, baju biru berkerah dan sepatu Nike.

Obama datang bersama 14 orang dalam satu rombongan, termasuk sang istri Michelle Obama dan dua orang putrinya, Natasha Maria Obama dan Malia AAN Obama, serta rombongan Arevalo Alex David, Anita Breckenridge, Clyton ChynnaYrome Dywris, Gar-Yeu Ng Konrad, Hoyles Katina Latrelle, Nai-La NG Suhaila Kala, Pruett Joshua David, Soetoro Maya Kasandra, Taylor Allen Antonio, dan YanSong Ng Savita Lola. Setelah puas berkunjung, rombongan kemudian meninggalkan DTW Jatiluwih sekitar pukul 17.25 Wita.

Perbekel Desa Jatiluwih, I Nengah Kartika mengatakan jika di DTW Jatiluwih Obama memutuskan untuk Tracking dengan menyusuri persawahan di Medium Tracking selama 1 jam dengan titik start di Monumen Warisan Budaya Dunia (WBD). Selama Tracking Obama sempat berkunjung ke Pura Bedugul Subak Besi Kalung kemudian turun ke parit dan kembali menyusuri jalan Subak dan finish di parkiran salah satu restaurant di kawasan Jatiluwih. “Beliau juga sempat buang air kecil di toilet umum DTW Jatiluwih kemudian sempat melihat-lihat stand kuliner tetapi tidak makan atau mencicipi, melainkan langsung turun untuk Tracking,” ungkapnya.