Kedatangan Wisatawan Diikuti Pergerakan Okupansi | Bali Tribune
Diposting : 8 July 2016 13:15
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
wisatawan
Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati

Badung, Bali Tribune
Jumlah kedatangan wisatawan pada Lebaran tahun 2016 ini mengalami peningkatan dibandingkan 2015 lalu. Berdasarkan data monitoring angkutan udara Lebaran di Bandara I Gusti Ngurah Rai per 25 Juni hingga 6 Juli 2016 kehadiran wisatawan domestik maupun mancanegara menunjukkan adanya pertumbuhan. Namun pada periode tersebut kunjungan wisatawan ke Bali masih didominasi oleh wisatawan domestik.

Kedatangan wisatawan domestik pada periode yang sama tahun 2015 yakni sebanyak 126.732 orang. Namun tahun ini mengalami peningkatan menjadi sebanyak 186.683 orang yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Kedatangan wisatawan ke Pulau Dewata tersebut dalam rangka libur sekolah yang juga bertepatan Lebaran.

Sedangkan untuk kedatangan wisatawan mancanegara pada tahun ini sebanyak 167.650 orang. Jumlah tersebut mengalami pertumbuhan jika dibandingkan periode yang sama tahun 2015 hanya sebanyak 123.325 orang.

Pertumbuhan kedatangan wisatawan tersebut membawa dampak pada peningkatan okupansi atau tingkat hunian kamar hotel di Bali. Hal tersebut diakui oleh Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati ketika dihubungi, Kamis (7/7).

Dia mengatakan okupansi hotel bintang di Bali yang biasanya rata-rata 55 persen, saat musim liburan kali ini tumbuh menjadi 70 persen. Bahkan pihaknya memprediksi hingga Agustus mendatang okupansi hotel bintang di Bali akan terus mengalami peningkatan hingga mencapai rata-rata 80 persen.

“Pasar Australia baru akan datang di bulan Agustus. Sehingga okupansi yang saat ini 70 persen akan terus meningkat di bulan Agustus hingga mencapai 80 persen. Namun Tiongkok saya prediksi akan tetap mendominasi,” sebut pria  yang akrab disapa Cok Ace ini.

Menurutnya pada musim liburan saat ini, Bali Selatan masih menjadi daerah yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Meski demikian dikatakan Cok Ace sebagian dari wisatawan sekarang ini mulai memilih destinasi lain di Bali selain kawasan Bali selatan salah satunya yaitu Ubud.

“Pada bulan Juli ini, tidak hanya wisatawan domestik saja yang berlibur ke Bali. Namun juga wisatawan mancanegara. Kunjungan wisatawan pada bulan Juli ini didominasi kunjungan dari wisatawan asal Tiongkok,” imbuhnya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler