Kemenpar, Pembuatan Brand Bali Mengacu Lima Kekuatan | Bali Tribune
Diposting : 10 June 2017 13:42
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Pertemuan
Pertemuan Gubernur Bali dengan Kementerian Pariwisata RI

BALI TRIBUNE - GUBERNUR Bali, Made Mangku Pastika memberi apresiasi terhadap destination brand yang dibuat Kementerian Pariwisata RI untuk Bali. Hal ini disampaikannya saat menerima Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI, I Gde Pitana di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Jumat (9/6).

Pitana menyampaikan kebijakan pemerintah pusat terkait nation brand Indonesia di bidang pariwisata. “Ketika melakukan studi destination branding, kita mengambil sepuluh destinasi. Bali menjadi salah satu dari sepuluh destinasi pariwisata yang dibuatkandestination branding-nya,” kata Pitana.

Melalui kebijakan ini dikatakannya, ada family branduntuk destinasi pariwisata di Indonesia. Pitana menjelaskan, pembuatan brand Bali mengacu pada lima kekuatan yang dimiliki, yakni budaya, ketuhanan, keindahan, keramahtamahan dan keharmonisan.

Gubernur Bali pun menyambut baik destination brand yang telah dibuat Kemenpar RI melalui riset dan FGD dengan para ahli. Pihaknya mengusulkan agar destinasi di tingkat kabupaten/kota di Bali juga menyesuaikan agar sesuai dengan tagline yang dibuat Kemenpar RI. “Saya kira bagus, supaya nyambung di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten,” kata Pastika.

Menurutnya, Bali memang sudah menjadi sebuah brand yang punya nilai tersendiri, tinggal bagaimana masyarakat Bali menjaga brand tersebut. Saran ini pun diapresiasi Kementerian Pariwisata yang siap membantu mendesain brand di tingkat kabupaten/kota.