Kendaraan Listrik Jajal Jalur Tanjakan Kintamani | Bali Tribune
Diposting : 24 June 2022 18:53
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune / MOTOR LISTRIK - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati saat mencoba motor listrik di Museum Gunung Api Batur di Kecamatan Kintamani, Bangli, Jumat (24/6).
balitribune.co.id | BangliPuluhan sepeda motor listrik menjajal jalur Bangli-Kintamani pada Jumat (24/6). Para peserta  Electric Vehicle (EV) Goes to Museum Gunung Api Batur- Kintamani. Start dari Alun-alun Kota Bangli menuju Museum Gunung Api Batur di Kecamatan Kintamani. Disisi lain, Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) juga ikut mencoba mengendarai motor listrik tersebut. 
 
Dalam kesempatan tersebut, Wagub Cok Ace mengatakan ada kekhawatiran jika kendaraan listrik tidak mampu melalui jalur yang menanjak. Kekhawatiran tersebut sudah terjawab, dengan kendaraan listrik bisa menempuh perjalanan jalur Bangli-Kintamani. 
 
Kegiatan yang dilaksanakan  tidak hanya sebatas uji coba, namun  juga sosialisasi kepada masyarakat terkait energi terbarukan. "Tentu Permprov Bali memilki berkomitmen mendorong transformasi kendaraan fosil menjadi kendaraan energi terbarukan," ungkap mantan Bupati Gianyar periode 2008-2013 ini. 
 
Disinggung terkait pengalihan kendaraan Dinas yang konvensional ke kendaraan listrik, Cok Ace membenarkan ada rencana tersebut. Meski begitu tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. "Belum bisa diganti sekarang, masih ada yang lebih penting. Tapi menuju kearah pemanfaan kendaraan listrik ada," ungkapnya.
 
Disamnping itu, penerapan energi terbarukan juga dapat mendukung pengembangan pariwisata Bali. Penguatan pariwisata Bali sebagai destinasi yang mempedulikan lingkungan.
 
Sementara, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali Ida Bagus Ardana mengatakan, kegiatan EV Goes to Museum berlangsung selama dua hari. Kegiatan dimulai dari Alun-alun Bangli, kemudian menuju Desa Tradisional Penglipuran. Perjalanan dilanjutkan menuju PLTS 1 MWp di Dusun Bangklet Desa Kayubihi Kecamatan Bangli. 
 
Untuk peserta yang terlibat sekitar 40-50 orang. Sebutnya, kendaraan listrik sebelumnya sudah diuji coba di Denpasar dengan medan datar. Lantas kegiatan kali ini dipilih kabupaten Bangli yang memiliki jalur tanjakan. 
 
Disinggung terkait kendala, Ida Bagus Wardana yang didampingi Kabid ESDM, Ida Bagus Setiawan menyebutkan jika tidak ada kendala saat berkendara dari Kota Bangli hingga ke Museum. "Kendala hanya hujan saja, untuk kendaraan bisa melewati jalur tanjakan. Memang saat di PLTS dilakukan proses swap," jelasnya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler