Balitribune.co.id | Negara - Pada awal tahun 2024 ini, Kabupaten Jembrana kembali menorehkan prestasi. Capaian kali ini terkait kepatuhan penyelenggaraan pelayanan public. Dengan peningkatan nilai kepatuhan pelayan publik, Pemerintah Kabupaten Jembrana menerima penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Bali.
Kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Jembrana terus mengalami peningkatan. Jika tahun sebelumnya mendapatkan skor 91,07, tahun ini meningkat menjadi 92,64. Dengan raihan tersebut, pelayan public pada tahun 2024 ini masuk kategori kualitas tertinggi atau kategori hijau. Penilaian dilakukan berdasarkan zona yakni zona merah (buruk) dengan nilai 0-50, zona kuning (sedang) dengan nilai 51-80, dan tinggi (hijau) dengan nilai 81-100.
Sertifikat Predikat Kepatuhan tersebut telah diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Bali, Ni Nyoman Sri Widhiyanti Rabu (25/1) kepada Bupati Jembrana, I Nengah Tamba. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bali, Ni Nyoman Sri Widhiyanti mengatakan Ombusman bukan melihat hanya dari sisi angka-angka nilainya. Namun yang terpenting menurutnya adanya komitmen setiap tahunnya dan adanya perubahan yang telah dilakukan.
Pihaknya mengapresiasi peningkatan nilai untuk Kabupaten Jembrana. Pihaknya mendorong untuk terus dilakukan perbaikan. “Kami harap akan ada peningkatan yang lebih luar biasa lagi. Pak Bupati dan Pak Sekda dapat mendorong apa yang kurang,” jelasnya.
Pihaknya juga menyarankan agar konsistensi dari hasil ini bisa dijaga. “Harus lebih siap karena bisa jadi tahun ini akan ada penambahan indikator atau bisa jadi produk layanannya berbeda dan lokusnya bisa jadi berbeda,” tandasnya.
Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan penghargaan tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi dan penyemangat bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Jembrana dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada public. Pihaknya berharap capain ini akan mendorong pemenuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan. Tujuannya menurutnya untuk mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia. “Kita bersyukur atas penghargaan ini namun tentunya jangan berpuas diri. Kinerja harus terus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.
Untuk mencapai target serta nilai yang lebih tinggi di tahun depan, menurutnya masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan. “Standar pelayanan serta kepatuhan SOP masing-masing OPD harus ditingkatkan. Tentunya perlu kerja keras dan dukungan seluruh OPD dan kita siap untuk mewujudkan itu,“ tandasnya.