Kepolisian Jembrana Tingkatkan Sinergitas dan Kemitraan | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 22 Juli 2024
Diposting : 18 May 2021 07:19
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune/ Kapolsek Negara, AKP I Gusti Made Sudarma Putra mengunjungi Ketua Pekuyuban Pasundan, Asep Renjani.
balitribune.co.id | Negara - Untuk menjalankan tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat, upaya peningkatan sinergitas dan kemitraan dilakukan jajaran kepolisian di Jembrana. Seperti yang dilakukan Kapolsek Negara, AKP I Gusti Made Sudarma Putra yang secara intens turun berkordinasi dengan lintas sektoral hingga menyambangi tokoh masyarakat.
 
Berbagai upaya dilakukan oleh pihak kepolisian di wilayah dalam menciptakan dan memelihara situasi kamtibmas yang kondusif. Seperti yang tengah dilakukan oleh Kapolsek Negara, AKP I Gusti Made Sudarma Putra. 
 
Mantan Kasat Reskrim Polres Jembrana yang baru kembali bertugas di Jembrana ini secara intens melakukan kordinasi dengan instansi terkait hingga turun menyambangi tokoh-tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Negara. Teranyar Mantan Kapolsek Marga, Tabanan ini mengunjungi Koramil Negara Senin (17/5).
 
Kapolsek Negara yang didampingi Ps. Kanit Binmas Polsek Negara Iptu IB Ketut Terisana, diterima langsung oleh Danramil Negara, Kapten Chb. Kariyanto. Menurut Sudarma, upaya ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan sinergitas TNI - Polri serta menjalin silaturahmi serta koordinasi dengan unsur terkait di wilayah salah satunya Danramil Negara. Pihaknya berharap unsur Muspika (Danramil dan kapolsek) agar selalu berjalan beiringan dan tetap terjalin keharmonisan dan senergi yang erat dalam setiap kegiatan apapun di wilayah.
 
Danramil Negara, Kapten Chb. Drs. H. Kariyanto mengucapkan menyatakan pihaknya mengapresiasi dan menerima dengan positif kunjungan Kapolsek Negara bersama anggota, ''kami akan menindaklanjuti dengan jajaran dan berharap agar hubungan dan silaturahmi ini dapat tetap terjalin,'' ujarnya. 
 
Sebelumnya juga Kapolsek Sudarma yang secara intens turun ke bawah, juga melakukan kunjungan ke tokoh-tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Negara. Seperti bertemu dan bersilahturahmi dengan sejumlah tokoh agama maupun tokoh organisasi.
 
Langkah terobosan kereatif bersama dengan Unit Binmas sebagai pengeban fungsi preemtif berupa sambang silaturahmi dengan para tokoh, ini menurutnya untuk menjalin sernergitas dan memelihara parnertsif building antara Polri dengan para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh politik dan tokoh masyarakat.
 
 “Harapannya melalui peran para tokoh yang ada di masyarakat segala potensi ganggua (PG) kamtibmas bisa terdeteksi sehingga ambang ganggua (AG) bisa ditiadakan apa lagi sampai ke Gangguan Nyata (GN),” ungkapnya.
 
Selain memperkenalkan diri kembali, pihaknya mengajak para tokoh untuk bisa memberikan informasi apapun yang berkaitan dengan Kamtibmas melalui Bhabinkamtibmas maupun langsung ke Kapolsek. 
 
Sejumlah tokoh yang telah pihaknya temui mulai dari tokoh agama di sejumlah desa dan kelurahan hinga organisasi kesukuan dan etnis yang ada di wilayahnya. Polsek Negara sendiri mewilayahi delapan desa dan empat kelurahan.
 
 “Kami lakukan komunikasi secara kekeluargaan sehingga terwujud kemitraan yang harmonis,” tandasnya.