Kesembuhan Pasien Covid-19 di Jembrana Meningkat | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 19 Oktober 2021
Diposting : 9 August 2021 04:55
PAM - Bali Tribune
Bali Tribune/ SEMBUH - Kini jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh bertambah. Setelah menjalani isolasi di RSU Negara, mereka diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.
balitribune.co.id | Negara  - Kasus Covid-19 sejak beberapa bulan belakangan ini memang mengalami peningkatan signifikan. Upaya penangan juga terus dilakukan secara intensif. Kini angka kesembuhan pasien Covid-19 di Jembrana juga mengalami peningkatan. Kendati memang masih terdapat puluhan pasien yang masih menjalani perawatan di ruang isolasi.
 
RSU Umum Negara selama menjadi rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Sejak lonjakan kasus yang terjadi kembali mulai beberapa bulan terakhir ini, memang ruang isolasi di RSU Negara terbilang padat. Setiap hari ada puluhan warga Jembrana terkonfirmasi positif menjalani perawatan di ruang isolasi.
 
Berbagai upaya dilakukan dalam penanganan kasus terkonfirmasi Covid-19. Terbukti kini angka kesembuhan sudah mengalami peningkatan.
 
Berdasarkan data, jumlah pasien sembuh pada Minggu (8/8) ada tujuh orang. Pasien Covid-19 dipulangkan setelah selesai menjalani isolasi dan perawatan. Ketujuh pasien Covid-19 sembuh ini dipulangkan Minggu siang oleh Perawat Isolasi Lantai I, Prajayanti, A.Md, Kep dan didampingi oleh Humas RSU Negara. Pasien yang telah dipulangkan tersebut telah menjalani perawatan selama sepuluh hari di ruang isolasi.
 
Selama masa isolasi yaitu sepuluh hari dari saat pengambilan swab test, pasien tersebut tidak ada keluhan sakit. Sehingga dengan melihan konisi pasien, Direktur RSU Negara dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana sudah menyatakan sembuh dari Covid-19 dan bisa dipulangkan ke rumah masing-masing. Sebelum pulang ke tempat tinggal masing-masing, Perawat Isolasi Lantai I Prajayanti, mengingatkan para pasien yang dipulangkan bisa memberikan contoh dan mengedukasi masyarakat.
 
Mereka diminta selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam setiap aktivitas guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, “kami harapkan selalu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan rajin memncuci tangan memakai sabun. Ajak warga disekitarnya agar disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah meluasnya penyebaran covid-19 di masyarakat,” ujarnya kepada ketujuh pasien.
 
Sedangkan angka penambahan kasus Covid-19 di Jembrana hingga kini terbilang fluktuatif. Di RSU Negara saja hingga Minggu kemarin ada puluhan warga yang menjalani perawatan di ruang isolasi.
 
Berdasarkan data masih ada sebanyak 64 orang dan 2 pasien suspect yang kini menjalani perawatan. Sehingga total pasien yang dirawat di ruang isolsi sebanyak 66 orang. Sedangkan warga terkonfirmasi positif Covid-19 yang tidak menunjukkan gelaja medis tersebar di sejumlah tempat isolasi terpusat lainnya.pam