balitribune.co.id | Kuta - Pesawat tipe Airbus A380 yang dioperasikan maskapai Emirates beroperasi secara reguler di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sejak 1 Juni 2023. Pada 100 hari pertama operasionalnya 8 September 2023, pesawat A380 tersebut telah melayani sebanyak 118.783 penumpang.
Hal ini disampaikan General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan dalam siaran persnya, Minggu (10/9). "Sejak operasional perdananya hingga saat ini, pesawat Airbus A380 dengan rute Dubai - Bali – Dubai telah melayani 118.783 penumpang. Jumlah tersebut terdiri dari 58.938 penumpang yang datang dan 59.845 penumpang yang berangkat,” ungkapnya.
Kata dia, tercatat pada rentang waktu tersebut, pesawat A380 telah melakukan 200 pergerakan pesawat. Secara detil, pesawat A380 tercatat 100 kali melakukan lepas landas dan 100 kali melakukan pendaratan di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Dengan frekuensi terbang dua kali dalam satu hari (berangkat dan datang), angka keterisian atau load factor pesawat A380 ini mencapai 98 persen dengan rata-rata pelayanan kepada 602 penumpang per penerbangan. "Adapun kapasitas yang dimiliki oleh pesawat tersebut berjumlah 615 penumpang,” jelas Handy.
Lebih lanjut ia menyatakan siap memastikan kelancaran beroperasinya pesawat A380. “Aspek keselamatan dan keamanan merupakan prioritas utama kami dalam operasional penerbangan. Untuk itu kami telah lakukan beberapa penyesuaian seperti menyediakan area parkir pesawat khusus A380, pengecekan runway secara berkala, serta memastikan seluruh fasilitas di dalam terminal beroperasi dengan optimal,” ujarnya.
Mohammad Al Attar, Country Manager Emirates untuk Indonesia, mengatakan kinerja operasional A380 rute Dubai - Denpasar yang sangat baik dalam 100 hari beroperasinya pesawat tersebut. Besarnya kapasitas pesawat A380 mampu melayani banyaknya permintaan pelanggan yang bepergian dari dan ke Bali.
Hal ini dapat dilihat dari tingginya jumlah penumpang di kedua rute secara konsisten. "Komitmen kami dalam menjaga kesempurnaan dan efisiensi merupakan kunci dalam berbagi pengalaman menjelajah kelas dunia. Kami terus berupaya memberikan layanan kepada pelanggan kami di Indonesia," imbuhnya.