Ketua PHRI Denpasar Siapkan SOP Tatanan Normal Baru di Hotel & Restoran | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 28 Oktober 2020
Diposting : 27 May 2020 17:44
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / PERHOTELAN – Sambut tatanan normal baru di dunia perhotelan, industri siapkan SOP

balitribune.co.id | Denpasar – New Normal atau tatanan normal baru kini menjadi topik hangat yang diperbincangkan oleh berbagai kalangan baik itu pemerintah, pengusaha dan masyarakat untuk menjalani hidup normal yang baru ditengah pandemi Covid-19. Bahkan Pemerintah Pusat telah mempersiapkan langkah untuk menyambut tatanan baru ini yang akan mulai diberlakukan di tempat-tempat umum.

Begitupun pelaku pariwisata Bali tak mau ketinggalan dalam mempersiapkan tatanan normal baru ini yang akan diberlakukan di dunia pariwisata. Terkait pelayanan pada tananan normal baru atau New Normal, pelaku pariwisata Bali telah menyiapkan Standard Operating Procedure (SOP) dalam memberikan pelayanan terhadap wisatawan saat berada di hotel. 

Hotel-hotel yang berada di wilayah Badung dan Kota Denpasar saat ini telah melakukan persiapan menyambut New Normal di industri pariwisata Bali. Seperti disampaikan oleh pelaku perhotelan di Badung dan Sanur, Denpasar kepada Bali Tribune baru-baru ini. 

Wakil Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Made Ramia Adnyana yang juga general manager hotel di Kuta, Badung menyampaikan, pada tatanan baru ini di perhotelan akan lebih mengedepankan faktor Hygiene and Sanitasation atau kesehatan dan kebersihan sesuai protokol Covid-19. SOP New Normal akan berlaku mulai dari wisatawan check in, di dalam kamar hingga check out. 

"Di New Normal ini yang jelas protokol kesehatan sangat penting untuk disiapkan di industri pariwisata ke depannya yaitu Cleanliness, Hygiene and Sanitation/CHS," jelas Ramia.

Sementara itu pemilik hotel di Sanur, Denpasar yang juga Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Denpasar, Ida Bagus Sidharta Putra mengaku sudah merancang SOP New Normal tentang penanganan dan pelayanan terhadap tamu-tamu yang akan diberlakukan pascaCovid-19. "Sekarang kita sedang membuat video-video untuk meyakinkan pelanggan kita bahwa begini lho handling kesehatan yang ada di hotel dan restoran," ucapnya. 

Kebijakan New Normal di dunia perhotelan tidak hanya dilakukan oleh pelaku pariwisata di Bali. Di negara lainnya seperti Thailand telah melakukan hal yang sama ditengah pandemi Covid-19.