Ketua Positif Covid, Skretariat KPU Gianyar Langsung Ditutup | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 24 September 2020
Diposting : 6 August 2020 22:28
Nyoman Astana - Bali Tribune
Bali Tribune/ TUTUP - Ketua komisioner KPU Gianyar Terpapar Covid 19, Sekretariat KPU Gianyar Ditutup,
Balitribune.co.id | Gianyar - Kenormalan baru atau new normal, paparan  wabah Covid-19 pun semakin tak terkendali. Di Gianyar, pejabat  pun mulai dibayangi kekhawatiran.  Menyusul  Diriut RSU Sanjiwani,  kini Ketua komisioner KPU Gianyar I Putu Agus Tirta Sugana pun ikut Terpapar Covid 19.  Lantaran memiliki riwayat penyakit penyerta,  Pria asal Desa Singapadu, Sukawati inipun langsung diisolasi di RSPTN Unud. Sekretariat KPU Gianyar pun langusng ditutup sementara  hingga dua minggu. 
 
Sekretariat KPU Gianyar yang sebelumnya padat aktivitas, mulai Hari Kamis (06/08) ditutup meksi masih hari kerja. Keputsan penutpam kantor ini, terpaksa dilakukan setelah Ketua komisioner KPU Gianyar, I Putu Agus Tirta Sugana dipastikan Positif terpapar Covid 19. Dari informasi yang diterima,  Agus diketahui terpapar setelah menjalani Swab test usai melaksanakan perjalanan dinas  ke Jakarta. “ Iya Ketua kami memang dinyatakan positif terpapar covid 19 dan kini  tengah diisolasi di RSPTN Unud, karena beliau juga memiliki riwayat penyakit penyerta,”  anggota komisioner KPU, Devisi Hukum dan Pengasawan KPU Gianyar, I Wayan Mura.
 
Disebutkan,  Agus Tirta Suguna sudah tidak ngantor sejak 28 Juli 2020 lalu karena sakit. Menurut informasi dari keluarganya, saat ini Agus dirawat di  RSPT Unud. Sejak 28 itu, pihaknya mengkau sudah tidak ada konak lagi dengan  ketuanya. Sebelum diketahui positif, ia sempat mengalami demam, sehingga memeriksakan diri ke RSU Ari Canti, Ubud. Lantaran sesuai protokol kesehatan, Kemudian dilakukan hasil rapid test hasilnya reaktif. Pihak RSU langsung melakukan rotgen,  hasil rontgen terdapat gambaran pneumonia. “Setelah hasil rapid reaktif dan hasil rotgen, dilakukan swab pada tanggal 2 Agustus, hasil keluar pada tanggal 4 Agustus menunjukan positif,” ungkapnya.
 
Terkait aktivitas di kantor KPU,  seluruh staff yang ada di KPU Gianyar harus isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sedangkan kantor KPU Gianyar pun ditutup sementara selama isolasi mandiri itu berlangsung. Bahkan selama isolasi, Mura mengatakan seluruh ruangan dan areal kantor setempat disterilkan dengan cairan disinfektan. Sementara pegawai KPU, selama 14 hari ini diwajibkan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Mengingat  masanya new normal jadi beda perlakuannya, selain itu selama tidak pernah kontak langsung sama Agus  setelah 14 hari sudah bisa kemabli beraktivitas di kantor.
 
Menganai penugasan di posisi ketua,  disebutkan  sudah dilakukan penunjukan pelaksana harian (Plh). Pelaksana harian Ketua KPU Gianyar pun akan digilir setiapp tiga hari dengan siding pleno yang dilakukan secara daring. Sebab aturan di komisi hal tersebut yang dilakukan. “Kami memilih Plh setiap tiga hari dengan menunjuk anggota secara bergilir. Itu pun terdapat sidang pleno, karena isolasi mandiri, kami lakukan secara daring,” sambung Mura.
 
Dikonfirmasi Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Gianyar, Made Wisnu Wijaya, membenarkan bahwa ketua Komisioner KPU Gianyar positif Covid-19.  “Iya, karena awalnya ada riwayat penyakit dan saya baru dapat laporannya kemarin,”
 
Dikatakanya Rabu, (5/8) kemarin tim surveilance kabupaten telah berkoordinasi dengan pihak KPU terkait tindakan penanggulangan.  Rencana hari Jumat (7/8) dilaksanakan rapid test bagi 21 orang anggota KPU. "Puskesmas akan melakukan tracing dan pemantauan terhadap kontak erat selama 14 hari" jelasnya.