Khidmat, Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-76 di Puspem Badung | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 09 Desember 2021
Diposting : 17 August 2021 18:03
ANA - Bali Tribune
Bali Tribune / Sekda Adi Arnawa disaat memimpin Upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-76 di Puspem Badung, Selasa (17/8).
balitribune.co.id | Mangupura - Pemerintah Kabupaten Badung menggelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 bertempat di Lapangan Puspem Badung, Selasa (17/8). Sama seperti tahun lalu, di masa pemberlakuan PPKM Jawa-Bali Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan tahun ini dihadiri oleh Ketua DPRD Putu Parwata, Wakil Ketua I Wayan Suyasa, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Badung dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Badung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
 
Seusai mengikuti jalannya Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-76 Sekda Badung Wayan Adi Arnawa yang juga bertindak selaku Inspektur upacara menyampaikan, Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke-76, merupakan tonggak sejarah dimana Bangsa Indonesia telah memproklamirkan diri sebagai bangsa yang merdeka. “Dan kita berkewajiban untuk melaksanakan upacara peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 dan mengenang jasa para Pahlawan yang telah berjuang dengan darah dan keringat untuk Indonesia merdeka,” ujarnya.
 
Oleh sebab itu Sekda Adi Arnawa mengajak semua pihak untuk memegang teguh semangat Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, demi Persatuan dan Pembangunan Bangsa Indonesia kedepan. ”Mudah-mudahan melalui upacara peringatan ini dapat menumbuhkan semangat Bangsa Indonesia, Bali dan Badung, dalam kita menghadapi pandemi Covid-19 ini. Bagaimana pun juga perjuangan kita saat ini adalah mengisi kemerdekaan salah satunya bagaimana kita mengatasi persoalan-persoalan yang menghambat laju pertumbuhan bangsa,” ucapnya.
 
Secara umum Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Kabupaten Badung berlangsung dengan sangat tertib dan khidmat. Adapun yang bertindak selaku Komandan Upacara yakni Kapten CZI Suharyono dengan peserta dari anggota TNI dan Polri.
 
Setelah upacara pengibaran bendera sang merah putih dalam rangka memperingati HUT RI ke-76, pada sore hari dilaksanakan Aubade dan upacara penurunan bendera yang dipimpin Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa. Turut hadir pada upacara tersebut Para Veteran, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Badung serta Forkopimda Kabupaten Badung.
 
Dipercaya menjadi komandan upacara penurunan bendera yaitu dari kepolisian AKP. Aan Saputra. Ditengah pandemi Covid-19 dan pelaksanaan PPKM terlihat semua peserta upacara mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan memakai masker serta menjaga jarak. Meskipun dengan jumlah peserta yang terbatas tidak mengurangi makna dan keagungan hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia. Acara ditutup dengan foto bersama dan dilanjutkan syukuran dengan pemotongan tumpeng.
 
Dalam syukuran tersebut, Sekda Adi Arnawa atas nama Pemkab Badung menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya khususnya kepada Legiun Veteran Republik Indonesia Badung yang telah berjuang, memperjuangkan kemerdekaan bangsa, mengantarkan pintu gerbang kemerdekaan Indonesia. “Dimana sebagai generasi muda kita sudah menikmati apa yang sudah Beliau-Beliau perjuangkan,” ungkapnya.
 
Adi Arnawa juga menyampaikan terima kasih kepada adik-adik Paskibraka Badung 2021 dan seluruh peserta upacara yang telah terlibat langsung dengan dedikasi tinggi mengikuti upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76. “Mudah-mudahan semangat ini akan menjadi pemicu dalam kita menghadapi covid-19, secara gotong - royong, bersama-sama, sehingga wabah covid-19 dapat segera sirna,” harapnya. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler