Kisah Sukses AstraPay National MediaGathering, Astra Apresiasi Dukungan Media | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 16 Oktober 2021
Diposting : 20 September 2021 10:29
HEN - Bali Tribune
Bali Tribune/dukungan media
balitribune.co.id | Sebagai salah satu perusahaan dengan lini layanan multifinance terbaik di Indonesia, Astra Financial mengedepankan keberadaan produk yang nyaman dan aman bagi konsumen. Komitmen tersebut yang juga menjadi prinsip utama AstraPay, layanan dompet digital dari Astra. Melalui AstraPay, konsumen dapat membayar beragam produk dan layanan Astra Financial dengan mudah, seamless, dan aman. Selain itu, konsumen juga dapat menggunakan AstraPay untuk bertransaksi di 9 juta merchant di seluruh Indonesia melalui pembayaran metode QRIS.
 
Acara yang berlangsung dua tahap (pertama peluncuran produk AstraPay melalui virtual menggunakan link webinar dan kedua dengan tema AstraPay: National Media Gathering berlangsung secara zoom meeting) tersebut berjalan lancar dan singkat untuk peluncuran produknya serta sangat hangat dan menarik dalam dialog serta memberikan masukan yang sangat berharga.
 
Dalam dialog dengan media pada AstraPay: National Media Gathering tersebut terjadi diskusi dan tanya jawab yang menarik dengan Director-In-Charge Astra Financial, Transportation & Logistics, Suparno Djasmin dan President Commissioner AstraPay yang juga CEO FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, serta Direksi AstraPay : Meliza Rusli (Chief Executive Officer-CEO), Ricky Gunawan (Chief Operating Officer-COO) dan Reny Futsy Yama (Chief Marketing Officer-CMO).
 
Hadir Terbanyak
Para peserta dari kalangan media berasal dari Pemimpin Redaksi, Wakil Pemimpin Redaksi, Redaktur Pelaksana, Redaktur dan para reporter dari media cetak, online, radio dan televisi, di samping blogger.
 
Media yang hadir dalam dialog media tersebut berasal dari Aceh sampai dengan Papua, di mana setiap ibukota provinsi hadir beberapa media yang ikut dalam media gathering ini, termasuk dari kota tingkat dua di masing-masing provinsi. Jumlah pimpinan media dan jurnalis yang hadir pada acara tersebut merupakan yang terbanyak selama ini dalam pelaksanaan suatu acara dengan kalangan media seiring pemanfaatan teknologi melalui virtual event dalam masa pandemi sekarang ini. Dengan tingginya angka partisipasi rekan-rekan media dalam dialog media tersebut, hingga Minggu 19 September 2021 setidaknya telah ada lebih dari 400 artikel berita yang terbit secara daring maupun cetak.
 
Dalam merespon kehadiran kalangan insan pers, Suparno Djasmin mengatakan: “Kami merasa bangga dan mengapresiasi dukungan rekan jurnalis yang tidak hanya hadir dalam acara launching hari ini, tetapi juga aktif memberikan saran untuk pengembangan AstraPay yang lebih baik di masa depan di saat dialog. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran media, yang jumlahnya kami perkirakan terbanyak selama kami melaksanakan pertemuan dengan media selama ini.”
 
Kehadiran AstraPay mempermudah konsumen untuk melakukan pembayaran beragam layanan Astra Financial. Misalkan, dengan AstraPay konsumen dapat membayar cicilan layanan FIFGROUP (pembiayaan sepeda motor Honda), Toyota Astra Finance (TAF, pembiayaan mobil Toyota dan Daihatsu), Astra Credit Companies (ACC-pembiayaan kendaraan roda empat berbagai merk), hingga Maucash langsung melalui aplikasi di genggaman tangan. Layanan pembayaran digital yang seamless ini akan memperkuat posisi Astra Financial sebagai sebuah ekosistem layanan keuangan digital dari Astra yang dapat diandalkan konsumen Indonesia.
 
Margono Tanuwijaya, President Commissioner AstraPay, mengatakan: “Dengan kehadiran AstraPay, kami berharap konsumen Indonesia akan memiliki opsi pembayaran digital yang lebih banyak sehingga memudahkan transaksi pembayaran mereka. Kami yakin konsumen Indonesia yang memiliki mobilitas tinggi akan merasakan banyak kemudahan saat melakukan pembayaran secara digital dengan AstraPa,” ujar Margono sembari menambahkan bahwa potensi pelanggan atau konsumen Grup Astra yang bisa dilayani oleh AstraPay diperkirakan sekitar 50 juta.
 
Sesi diskusi jurnalis, di acara Grand Launching AstraPay, yang dikemas dengan suasana hangat membuat acara berjalan lancar sepanjang dua jam dan melahirkan apresiasi positif dari rekan jurnalis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
 
“AstraPay berangkat dari perusahaan yang memiliki bisnis yang sudah eksis dan customer base yang luas, sehingga saya yakin AstraPay akan memberikan contoh bisnis pembayaran digital yang tanpa promo gembar-gembor yang dananya bisa dialihkan untuk peningkatan kualitas pelayanan konsumen,” ungkap Kemal Effendi Gani, Wartawan Ekonomi Senior, yang juga CEO SWA.
 
Sementara itu, Uni Zulfiani Lubis, Pemimpin Redaksi IDN Times mengatakan : “Saya berharap dengan reputasi Astra yang baik dan termasuk salah satu perusahaan yang cukup lama masuk ke bursa saham Indonesia akan menunjukkan semangat keterbukaan kepada publik. Saya yakin AstraPay dapat membangun kepercayaan publik di tengah banyaknya berita negatif terkait pembayaran digital,” ungkap Uni Zulfiani Lubis.
 
Pada dialog yang sama Ilham Bintang, Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menjelaskan: “Saya yakin Astra sudah melakukan riset tentang bagaimana melindungi data pribadi pengguna AstraPay. Hal ini sangat penting bagi bisnis dompet digital ini. Selain itu, saya juga berterima kasih pada Astra, karena sejak pandemi baru pertama kali saya bisa berkomunikasi dan mendengar suara teman-teman sejawat dari seluruh Indonesia. Bagi kalangan media, mengumpulkan teman-teman sampai sebanyak ini cukup sulit. Apresiasi buat AstraPay untuk usahanya mengadakan acara ini,” tutur Ilham, yang selalu menulis dan memberikan pendapatnya tentang topik hangat yang berkembang di masyarakat.
 
Di samping itu, Budi Setyarso, Kepala Pemberitaan Tempo, menyatakan: “Selamat untuk inovasi terbaru dari Astra untuk memasuki dunia digital dengan lebih dalam. Dengan AstraPay pembentukan ekosistem Astra menjadi lebih kuat dan solid, yang membuat Grup Astra lebih maju lagi,” ujarnya di samping mendiskusikan tentang hubungan AstraPay dengan dompet digital lainnya yang lebih dahulu keluar.
 
Berbagai pertanyaan, masukan dan komentar para pimpinan media dan reporter lain yang hadir saat itu, direspon dengan positif oleh Suparno Djasmin. “Sejak awal sesi diskusi media, kami mendambakan masukan dan diskusi dalam suasana obrolan yang akrab seperti ini. Syukurlah hal ini terjawab dengan antusiasme pertanyaan media yang sangat signifikan. Walaupun tentunya tidak bisa menjawab semua pertanyaan, karena satu dan lain hal, kami berharap diskusi yang hangat seperti ini dapat berlanjut pada kegiatan selanjutnya,” tutur Suparno Djasmin.
 
Ia menambahkan bahwa AstraPay, yang termasuk salah satu unit bisnis Astra Financial, atau Divisi Jasa Keuangan Astra, mengucapkan terima kasih atas dukungan segenap seluruh media yang hadir, baik dari kalangan pimpinan media, maupun reporter. “Semoga diskusi ini menjadi momentum untuk membangun komunikasi dua arah yang lebih baik dan kuat antara AstraPay dan segenap rekan-rekan jurnalis di seluruh Indonesia,” tutup Suparno Djasmin