Kodim 1610/Klungkung Gelar Donor Darah | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 23 Oktober 2020
Diposting : 24 September 2020 03:55
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bali Tribune/ DONOR DARAH - Kodim 1610 Klungkung gelar donor darah.
Balitribune.co.id | Semarapura - Mengusung tema "Sinergi Untuk Negeri", Kodim 1610/Klungkung menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) berupa donor darah untuk membantu sesama di Aula Makodim 1610/Klungkung, Rabu (23/9). Hal ini juga dimaksudkan untuk mendukung ketersediaan darah di UPTD PMI Kabupaten Klungkung pasca pandemi Covid-19. 
 
Diikuti 84 pendonor dari personel militer maupun PNS Kodim 1610/Klungkung, perwakilan Kodim 1623/Karangasem, Kanminvetcad IX/25 Klungkung dan Karangasem, serta Polres Klungkung. Setelah diverifikasi dan pengecekan secara medis, terkumpul 36 kantong darah, dengan rincian golongan darah A (11), B (5), AB (4), dan O (16), yang seluruhnya diserahkan dan disimpan di Kantor UPTD PMI Klungkung.
 
Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi P Joni Simbolon, SE, MTr(Han), didampingi para perwira staf juga para Danramil jajaran Kodim 1610/Klungkung turut meninjau dan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan donor darah tersebu, yang dilaksanakan secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Para pendonor terlebih dahulu diwajibkan mencuci tangan, menjalani pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker, dan tetap memperhatikan juga menjaga jarak aman (physical distancing).
 
"Selain memperingati HUT ke-75 TNI Tahun 2020 dan sebagai wujud kepedulian TNI dalam misi kemanusiaan, yaitu membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan transfusi darah, kegiatan donor darah ini merupakan tindak lanjut kami beserta jajaran dalam mengaplikasikan arahan dan instruksi Komando Atas untuk menggelar kegiatan baksos melalui donor darah secara serentak di seluruh jajaran TNI," jelas Letkol Paulus Joni Simbolon.
 
Ketua Tim UPTD PMI Kabupaten Klungkung dr Ketut Sutarta, didampingi Kasdim 1610/Klungkung Mayor Kav I Nyoman Arya J menyampaikan ucapan terima kasih  kepada para pendonor dan pihak penyelenggara (Kodim Klungkung) yang turut membantu ketersediaan darah di PMI Kabupaten Klungkung.