KSOP Benoa Lakukan Uji Petik Kelaiklautan KM AWU | Bali Tribune
Diposting : 11 June 2016 12:52
Arief Wibisono - Bali Tribune
kapal
UJI PETIK - KM Awu di Pelabuhan Benoa saat jalani uji petik kelaiklautan kapal sebagai persiapan lebaran 2016.

Denpasar, Bali Tribune

Sebagai antisipasi dan persiapan menjelang lebaran, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Benoa Uji Petik Kelaiklautan Kapal penumpang yang akan digunakan sebagai angkutan mudik lebaran mendatang. Pelabuhan Benoa mempersiapkan sedikitnya empat kapal penumpang untuk para pemudik yang akan merayakan Lebaran di Surabaya dan Indonesia Timur.

Menurut Supriyono, Kepala KSOP Benoa mengaku uji petik tersebut sebagai serangkaian proses memeriksa mesin kapal, kelengkapan fasilitas keamanan kapal termasuk perlengkapan untuk para penumpang. “Kami lakukan pemeriksaan kapal penumpang diantaranya memeriksa kelengkapan fasilitas keamanan kapal seperti kapal sekoci, alat pemadam kebakaran, jaket pelampung, dan rakit penolong apakah sesuai dan siap semua guna kenyamanan penumpang selama berlayar,” ujarnya saat uji petik Kapal KM Awu di Pelabuhan Benoa, Jumat (10/6).

Selain itu, melakukan uji petik kapal penumpang, pihak Pelabuhan Benoa juga mensiaga sejumlah posko angkutan lebaran terpadu yang bertempat di terminal domestik PT Pelindo III yang akan dibuka mulai 18 Juni sampai 24 Juli 2016 mendatang. “Kita juga persiapkan posko tersebut sebagai sarana informasi mengenai kedatangan dan keberangkatan kapal. Tim posko ini terdiri dari KSOP, PT Pelindo III, Distrik Navigasi, PT Pelni, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kepolisian, dan TNI yang akan bekerjasama menjamin kelancaran arus mudik lebaran,” katanya.

Ditegaskan Supriyono sampai saat ini belum ada lonjakan penumpang di Pelabuhan Benoa. Menurutnya pihak KSOP hanya mempersiapkan beberapa kapal penumpang, salah satunya Kapal KM Awu yang melayani rute Surayaba dan wilayah Indonesia Timur. Namun ditegaskan seluruh fasilitas pelabuhan sudah dipersiapkan mengantisipasi mudik lebaran lewat jalur laut di Pelabuhan Benoa. “Jika ada lonjakan penumpang kita bisa persiapkan penambahan kapal sampai 15 persen. Selain itu gedung terminal serta kawasan parkir juga akan disiapkan oleh Pelindo III agar lebih tertata dalam mengantisipasi lonjakan arus penumpang pada lebaran nanti,” pungkasnya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler