Kulkas Hygiene Care Solution Series Teknologi Baru Jaga Kesehatan dan Kesegaran Makanan | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 24 September 2020
Diposting : 26 July 2020 18:05
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / KESEHATAN - Kulkas dua pintu yang disematkan fitur kesehatan dan menjaga makanan lebih tahan lama

balitribune.co.id | Denpasar – Kulkas atau lemari pendingin untuk makanan merupakan salah satu produk elektronik yang diperlukan di kalangan rumahtangga. Saat ini, ditengah pandemi Covid-19 masyarakat akan memilih kulkas 

Hygiene Care Solution yang mampu menyimpan makanan tahan lama dan higienis. Kulkas dengan fitur kesehatan dan menjaga makanan lebih tahan lama ini diperkenalkan perusahaan elektronik asal Korea dengan tampilan dua pintu.

Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia, Rumbi Simanjuntak mengatakan kulkas dua pintu biasanya diperlukan oleh masyarakat dengan mobilitas tinggi. Meskipun berkapasitas sebesar 630 Liter dengan penampilannya yang lebih ramping mampu membuat area penempatannya lebih ringkas. "Hal ini pula yang membuat kulkas dua pintu sebagai kategori kulkas paling populer di Indonesia," terangnya, Minggu (26/7). 

Menurut dia, seri Hygiene Care Solution yang fokus pada faktor higienitas dan pendukung kesehatan pengguna tidak hanya disematkan di kulkas melainkan produk elektronik lainnya seperti mesin cuci dan perangkat penyejuk ruangan. 

Ia menyampaikan, karakter konsumen dalam memilih kulkas kerap mengutamakan kemampuan dalam menjaga kesegaran makanan lebih tahan lama. "Faktor kesegaran makanan mengambil peran penting memastikan kualitas bahan makanan tersimpan akan layak dikonsumsi meski dalam jangka waktu penyimpanan lebih lama. Penjagaan kesegaran makanan tak cukup dengan menjaganya tetap dingin," kata Rumbi.

Kata dia, kulkas yang mampu menjaga kualitas kesegaran makanan lebih tahan lama merujuk pada dukungan fitur kompresor khusus bernama Inverter Linear Compressor. "Kompresor ini memastikan suplai udara dingin ke dalam kabin kulkas dengan tenaga yang cukup untuk memastikan performa pendinginan kabin berjalan baik sepanjang waktu," jelasnya. 

Kekuatan kompresor ini yang kemudian berpadu dengan fitur LINEARCooling™ yang bekerja dalam skema unik memastikan kabin dalam kulkas berada pada tingkat suhu yang sama. Untuk memastikan kesegaran makanan didalamnya, dinamika perubahan suhu dijaga pada kisaran lima derajat Celcius. 

Dalam melakukan tugas menjaga tingkat dinamika suhu kabin kulkas ini mendapat dukungan paduan kerja fitur Multi Air Flow dan DoorCooling+. Wujudnya berupa desain dan penempatan saluran udara dingin pada beberapa titik dalam kabin. Bila Multi Air Flow berupa penempatan saluran udara di beberapa titik pada bagian terdalam kabin, DoorCooling+ didesain khusus saluran udara dingin yang letaknya pada sisi terluar bagian dalam kabin yang di dekat pintu kulkas. 

Pancaran udara dingin dari berbagai sisi ini tak saja memastikan kabin kulkas memiliki tingkat suhu yang sama pada tiap bagiannya, namun juga memberikan kecepatan lebih baik dalam mengembalikan suhu kulkas dalam derajat yang diinginkan.

"Kecepatan memulihkan suhu ini sangat penting mengingat kekerapan aktivitas membuka pintu kulkas berpengaruh pada perubahan tingkat suhu dalam kabin kulkas,” sebut Rumbi. 

Ia menambahkan, dalam menjaga kesegaran makanan lebih lama disematkan fitur Hygiene Fresh. Fitur ini bekerja untuk mengeliminasi bakteri yang menyebabkan bau dan merugikan kesehatan yang menempel pada makanan tersimpan dengan tingkat efektivitas 99.9%.