Lagi PMI Jembrana Positif Covid-19, Total Kasus 17 Orang | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 12 Juli 2020
Diposting : 31 May 2020 20:27
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Bali Tribune / TEST SWAB - Seorang PMI di Jembrana sedang menjalani test swab
balitribune.co.id | Negara - Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Jembrana kembali bertambah. Penambahan tersebut dari hasil test swab terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dikarantina di dua hotel Kecamatan Jembrana.
 
“Hasil test swabnya sudah keluar Sabtu (30/5) lalu. Dua orang PMI, pasien asal Kecamatan Melaya dan Kecamatan Negara, Sebelumnya jalani karantina hotel” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan  Covid-19 Kabupaten Jembrana, dr I Gusti Agung Putu Arisantha, Minggu (31/5). Dengan penambahan ini, secara kumulatif jumlah pasien positif covid-19 di Jembrana bertambah menjadi 17 orang.
 
Sedangkan seorang pasien kasus covid-19 di Jembrana dinyatakan sembuh. Pasien tersebut sudah dipulangkan Sabtu (30/5) lalu setelah sebelumnya sempat dirawat di ruang isolasi RSU Negara . “Pasien sembuh PMI warga asal Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya, sempat dirawat sejak 23 Mei 2020.  Hasil test swabnya negative dua kali berturut-turut pada tanggal 27 dan 29 Mei 2020” ungkap Kabid P2P Dinkes Jembrana ini. 
 
Sehingga jumlah pasien sembuh positif covid-19 Jembrana yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 12 orang. Sedangkan dari total 426 PMI yang sudah menjalani karantina terpusat di hotel, sebayak 299 orang sudah menyelesaikan masa karantina. Sementara yang masih menjalani karantina sebanyak 121 orang dan sebanyak 180 PMI sudah jalani test swab. Para PMI tersebut kini tersebar di sepuluh hotel di Jembrana.
 
Bahkan dari pelaksanaan test swab yang kedua kalinya terhadap PMI yang baru tiba dari berbagai negara tersebut, ia mengakui hasilnya lima orang PMI terkonfirmasi positif terpapar covid-19 berdasarkan test PCR/ swab. Menurutnya setibanya di Bali, PMI tersebut juga sebelumnya telah menjalani test swab PCR yang pertama di bandara. “Yang di karantina satu hotel akan kembali di swab ulang ketiga kali” tandasnya.