Lahir Tanpa Lubang Anus, Berharap Bantuan Pemerintah | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 27 Januari 2023
Diposting : 1 June 2016 14:46
I Made Darna - Bali Tribune
Balita
Balita Made Gio digendong oleh istri Bupati Badung Ny Seniasih Giri Prasta saat dibesuk, Senin (30/5).

Mangupura, Bali Tribune

Made Gio, balita mungil asal Banjar Gunung, Desa Abiansemal mengalami kelainan sejak lahir. Bayi yang lahir tujuh bulan lalu di RSUP Sanglah itu lahir tanpa lubang anus. Kondisi yang tak normal ini sontak saja membuat Made Gio kesulitan saat membuang air besar.

Sang ibu, Ni Nyoman Gina pun berharap pemerintah atau ada dermawan yang bersedia membantu biaya operasi anakya. Pasalnya, kondisi ekonomi yang pas-pasan menyulitkan keluarga ini menanggung biaya pengobatan anaknya yang harus dioperasi untuk pembuatan lubang anus.

Selama ini pihak keluarga hanya mengandalkan pengobatan gratis dari program Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) untuk pengobatan Made Gio. "Anak saya sudah dua kali dioperasi di RSUP Sanglah dengan fasilitas JKBM dan BPJS," ujar Nyoman Gina saat dikunjungi istri Bupati Badung Ny Seniasih Giri Prasta, Senin (30/5).

Meski memakai program kesehatan gratis, Nyoman Gina mengaku tetap harus merogoh kocek sendiri. Sebab, tidak semua obat ditanggung. Sejumlah obat harus ia beli dengan uang sendiri. "Walaupun pakai BPJS kami tetap mengeluarkan biaya," imbuhnya.

Nah, karena ekonomi keluarga yang pas-pasan ia pun berharap ada dermawan yang membantu biaya pengobatan anaknya. Nyoman Gina juga berharap ada bantuan dari Pemkab Badung, sehingga anaknya bisa tumbuh normal seperti anak-anak pada umumnya. “Kami harap pemerintah Badung bisa membantu operasi ketiga anak kami," harapnya.

Sementara Ny Seniasih Giri Prasta mengaku perihatin dengan kondisi Made Gio. Pihaknya pun mengaku akan memfasilitasi Made Gio agar diobati menggunakan layanan JKKB Manguwaras. "Bayi malang ini butuh bantuan pemerintah. Kita wajib membantunya,” tegas Seniasih Giri Prasta didampingi Camat Abiansemal Putu Ngr Thomas Yuniarta.