Laptop Siswa Hilang 71 Unit, Disdikpora Badung Warning Kepala Sekolah | Bali Tribune
Diposting : 9 June 2021 23:13
ANA - Bali Tribune
Bali Tribune / LAPTOP - Siswa SD kelas V dan VI di Badung saat menerima pembagian laptop.

balitribune.co.id | MangupuraLaptop yang dibagikan kepada siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Badung ternyata banyak yang hilang. Total sudah ada 71 laptop inventaris milik Pemkab Badung yang dilaporkan raib.

Atas kehilangan ini, pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Badung pun "mewarning" pihak sekolah agar memperketat pengelolaan laptop yang diberikan kepada siswanya.

"Laptop itu harus dikelola dengan baik," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Disdikpora Badung, Made Mandi, Rabu (9/6/2021).

Sebagai aset pemerintah semua pihak baik guru, siswa dan orangtua siswa diharapkan ikut menjaga barang inventaris tersebut agar tidak sampai rusak maupun hilang. Sebab, laptop yang diberikan kepada siswa tersebut sifatnya pinjam pakai dan akan diwariskan pada siswa berikutnya.

"Laptop tersebut agar digunakan dan bermanfaat saat pembelajaran daring ini," katanya.

Selain itu, Mandi yang Sekretaris Disdikpora Badung ini meminta agar sekolah mendata laptop yang ada di sekolahnya.

"Jangan sampai sekolah tidak punya data terkait laptop itu," tegas Mandi.

Pejabat asal Darmasaba, Abiansemal ini juga mengakui saat ini pencurian laptop marak terjadi di Badung. Oleh karena itu, sekolah, siswa maupun orangtua murid agar senantiasa waspada.

Sementara itu Kabid  Gedung dan Sarana Disdikpora Kabupaten Badung, Putu Roby Widya Harsana menyatakan, sudah ada puluhan laptop siswa yang dilaporkan hilang. 

Kehilangan ini sudah dilaporkan ke aparat berwajib.

"Untuk laptop yang hilang sudah dilaporkan kepada aparat terkait oleh pihak sekolah. Untuk kasus kehilangan ini sudah ditangani oleh polisi," katanya.

Sesuai data yang masuk ke Disdikpora total ada sebanyak 71 laptop yang dilaporkan hilang dari 27. 213 laptop yang diberikan ke sekolah. Rinciannya Laptop SD kelas 5 hilang 33 unit dari  21 sekolah. Kemudian laptop SD kelas 6 hilang 36 unit dari 26 sekolah. Sementara laptop untuk SMP hilang 2 unit dari  2 sekolah.

"Laporan kehilangan laptop paling banyak di SD," bebernya, sembari menyebutkan laptop yang diberikan kepada sekolah Dasar yakni mencapai 17.936 untuk 249 sekolah yang ada di Badung. Sedangkan untuk SMP diberikan 9.277 laptop untuk 28 sekolah yang ada. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler