Diposting : 4 February 2020 03:52
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/ LATIHAN - Peserta Saka Wira Kartika di Kabupaten Gianyar mengikuti latihan kepramukaan, Minggu (2/2).
balitribune.co.id | Gianyar - Sebanyak 28 siswa-siswi peserta latihan Saka Wira Kartika yang berasal dari berbagai SMA di Kabupaten Gianyar, mengikuti latihan kepramukaan di Markas Kodim 1616/ Gianyar, Minggu (2/2).
 
Pada latihan tersebut para peserta dibekali dengan materi 5 krida antara lain, survival, pioneer, mountainering, navigasi darat, dan krida penanggulangan bencana alam, yang merupakan program pelatihan Saka Wira Kartika. Latihan ini sengaja digelar pada hari Minggu, mengingat jika dilakukan pada hari biasa umumnya para siswa-siswi sibuk belajar di sekolah masing-masing. "Adanya keterbatasan waktu latihan tersebut tidak menjadi kendala bagi para siswa dalam menyerap materi Pramuka," ujar Pasiter Kodim 1616/Gianyar Kapten Inf I Wayan Sudana, selaku koordinator latihan.
 
Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro menjelaskan, tujuan diadakannya latihan tersebut agar para anggota Pramuka Saka Wira Kartika dapat menambah wawasan. Serta untuk meningkatkan keterampilan kepramukaan dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hak dan kewajiban bela negara, maupun kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya.
 
Salah seorang siswa asal SMAN 1 Blahbatuh, Putu Praditia Agus Munandar merasa senang dan bangga dapat mengikuti pelatihan tersebut, "Ini pengalaman pertama saya bergabung dengan Saka Wira Kartika. Latihan ini sangat bermanfaat bagi generasi muda dalam melaksanakan hal positif, sambil menambah teman baru," kata Putu Praditia.