Lawan PMK, Pemerintah Siapkan 7.000 Dosis Vaksin | Bali Tribune
Diposting : 11 July 2022 18:03
CHA - Bali Tribune
Bali Tribune / Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buleleng I Made Sumiarta.
balitriune.co.id | SingarajaSebanyak 7.000 dosis vaksin telah disaiapkan pemerintah untuk menghadapi merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan terutama sapi. Penyiapan ribuan dosis vaksin itu menyusul bantuan dari pemerintah pusat sebanyak 5.000 dosis vaksin untuk menambah 2.000 dosis sebelumnya.
 
Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buleleng I Made Sumiarta mengatakan, sebanyak 2.000 dosis vaksin telah habis disalurkan untuk disuntikkan kepada hewan ternak. Vaksin itu diberikan untuk ternak dengan radius 3 sampai 10 kilometer dari daerah terjangkit dimana kasus PMK menyerang ternak ditemukan. Ada dua desa yang tercatat cukup banyak kaus PMK yakni Desa Lokapaksa Kecamatan Seririt serta Desa Pejarakan Kecamatan Gerokgak.
 
Menurutnya, untuk memkasimalkan penanganan, sebanyak 5.000 dosis vaksin telah didatangkan untuk disuntikan kepada ternak sehat utamanya sapi agar mendapat vaksin.
 
”Jadi total sebanyak 7.000 dosis vaksin di Buleleng akan disalurkan kepada hewan ternak," imbuhnya.
 
Selain vaksinasi, cairan disinfektan juga disalurkan kepada para peternak untuk menjaga kandang dari potensi terpapar PMK. Sebanyak 2.000 liter cairan disinfektan disiapkan bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng dan Provinsi Bali.Selain itu, juga disiapkan bantuan sprayer sebanyak 12 pcs.
 
“Sedang untuk hewan ternak yang terpapar sudah disiapkan skema pemotongan bersyarat. Untuk melakukan kita masih menunggu regulasi dari pemerintah pusat terkait kompensasi yang diterima pemilik hewan ternak yang terdampak,” tandasnya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler