Layanan Perbankan dengan Sistem Self Service Permudah Wisatawan di Bandara Ngurah Rai | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 25 Juni 2022
Diposting : 24 May 2022 19:44
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / DIGITAL BOX - Saat Live Implementasi Digital Box Bandara I Gusti Ngurah Rai Domestik

balitribune.co.id | KutaKondisi perekonomian Bali sedang mengalami proses pemulihan setelah 2 tahun mengalami pandemi Covid 19. Sejalan dengan hal tersebut, Bank Mandiri Region XI Wilayah Bali dan Nusa Tenggara untuk tahun 2022 terus melanjutkan transformasi digital yang selaras dengan pemulihan perekonomian di Bandara I Gusti Ngurah Rai yang merupakan pintu utama masuknya wisatawan. Bank Mandiri Region XI melakukan pengembangan jaringan cabang dengan penempatan Digital Box yang terletak di Koridor Kedatangan Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kuta Kabupaten Badung.

Saat Live Implementasi Digital Box Bandara I Gusti Ngurah Rai Domestik, Selasa (24/5), RCEO Bank Mandiri Region XI Wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Hendra Wahyudi mengatakan sebagai salah satu Smart Branch Region XI, Digital Box Bandara Ngurah Rai Domestik memiliki luas 62m2 yang menempati area di Koridor Kedatangan Domestik Bandara Ngurah Rai dan didesain sebagai layanan transaksi untuk nasabah yang bersifat self-service. 

Fasilitas dan layanan yang disediakan yaitu 1 unit Customer Service Machine (CSM) untuk pembukaan rekening dan penggantian kartu ATM, 3 unit Cash Recycling Machine (CRM) untuk setor dan tarik tunai, 1 unit Virtual Box sebagai remote channel, 2 buah tablet sebagai media untuk menampilkan informasi produk yang dimiliki oleh Bank Mandiri, serta dibantu 4 orang General Bankers sebagai product & digital advisory dan 2 orang security. Digital Box Bandara Ngurah Rai Domestik akan beroperasi mulai pukul 08.00 WITA sampai dengan 22.00 WITA.

"Dengan beroperasinya Digital Box Bandara Ngurah Rai Domestik mulai hari ini, Selasa 24 Mei 2022, kami harapkan fasilitas tersebut dapat memberikan pengalaman baru yang dapat meningkatkan engagement nasabah dan khususnya nasabah Bank Mandiri dari luar Bali yang mau berwisata ataupun bisnis dapat kami layani. Termasuk juga pengusaha Bali yang akan keluar dari Bali dapat merasakan kemudahan, keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi," bebernya.

Ia berharap dengan berbagai implementasi digitalisasi proses bisnis dan layanan perbankan di Bank Mandiri dapat memberikan solusi kepada masyarakat maupun wisatawan. Mengingat jumlah wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Bali mengalami peningkatan. Selain itu, kebijakan pemerintah mulai 7 Maret 2022 yaitu tanpa karantina dan fasilitas Visa on Arrival (VoA) untuk 60 negara, dan juga kebijakan memperbolehkan mudik tahun ini serta THR merupakan sejumlah faktor yang dinilai menjadi pendorong lonjakan wisatawan.

"Selain itu, dapat kami sampaikan juga berdasarkan data BPS bahwa pertumbuhan PDRB Sektoral Provinsi Bali jika dibandingkan dengan periode sebelumnya (year on year), ekonomi Bali Triwulan I-2022 tercatat tumbuh positif 1,46% dengan pertumbuhan tertinggi pada lapangan usaha industri pengolahan (tumbuh 16,21%). Untuk struktur ekonomi Bali dari sisi produksi pada Triwulan I-2022 masih didominasi oleh penyediaan akomodasi makan dan minum yang tercatat berkontribusi sebesar 15,3%," jelas Hendra.