Lestarikan Semangat Gotong Royong, Bangun Kebersamaan TNI-Rakyat | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 21 September 2021
Diposting : 18 March 2021 02:03
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ Gotong royong TNI dengan rakyat di Dusun Mudafehan.
balitribune.co.id | Belu - Curah hujan dengan intensitas cukup deras yang mengguyur Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa hari terakhir ini, khususnya di Dusun Mudafehan, Desa Tulakadi, Kecamatan Tasifeto Timur, mengakibatkan banjir dan merusak kondisi jalan di sekitar jembatan di dusun setempat.
 
Melihat kondisi tersebut, Danpos Salore Sertu Anjasmansari bersama anggota langsung menggelar gotong royong bersama masyarakat setempat untuk memperbaiki kondisi jalan dan membersihkan saluran air yang tersumbat dibawah kolong jembatan.
 
Hal ini mendapat apresiasi dari Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY Mayor Inf Bayu Sigit Dwi Untoro saat ditemui di Mako Satgas, Kelurahan Umanen, Rabu (17/3). Ia juga memuji kesigapan dan responsif anggotanya terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat di wilayah perbatasan tersebut.
 
Menurtunya, hal itu dilakukan sebagai bagian dari pembinaan teritorial dan menjalin kedekatan dan keakraban dengan masyarakat setempat, sekaligus membangkitkan kembali semangat gotong royong yang sempat pudar di kalangan sebagian masyarakat.
 
“Semangat gotong royong ini merupakan peninggalan nenek moyang bangsa yang harus kita jaga dan lestarikan mengingat manfaatnya sangat luar biasa dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang menyangkut kepentingan orang banyak,” terang Bayu Sigit.
 
Mayor Bayu Sigit Dwi Untoro juga menginstruksikan kepada Komandan Pos jajarannya untuk menggelar karya bakti gotong royong setiap Jumat bersama masyarakat dan mengandeng instansi terkait di wilayahnya. Serta disesuaikan dengan melihat kondisi dan kebutuhan masyarakat di sekitar, sehingga terjalin komunikasi sosial (komsos) yang baik antara TNI dan masyarakat di wilayah perbatasan.