Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Libur Lebaran, Ngurah Rai Layani 1,25 Juta Penumpang

BANDARA
BANDARA - Aktivitas di Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Ngurah Rai. Selama musim mudik Lebaran ini, bandara tersebut melayani 1,25 juta penumpang.

BALI TRIBUNE - Posko Monitoring Angkutan Lebaran Bandara I Gusti Ngurah Rai mencatat selama 19 hari bertepatan momen Lebaran adanya peningkatan jumlah penumpang yang cukup signifikan.

Hal itu diungkapkan General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi, kepada awak media saat penutupan Posko Monitoring Angkutan Lebaran di Terminal Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Selasa (4/7). Dia menyatakan, penutupan Posko Monitoring Angkutan Lebaran di Bandara I Gusti Ngurah Rai ini sesuai instruksi Menteri Perhubungan bahwa mulai Selasa (4/7) posko tersebut ditutup secara formal dikarenakan pertumbuhan penumpang Lebaran telah menurun.

“Walaupun Posko Lebaran secara resmi ditutup, tetapi karena masih adanya libur sekolah dan libur musim panas, kami prediksi masih banyak masyarakat yang berlibur ke Bali. Karenanya kami secara internal akan tetap memonitor pergerakan pesawat dan penumpang sampai tanggal 11 Juli mendatang,” ujar Yanus.

Namun dia mengatakan, dari Manajemen Angkasa Pura 1, khususnya bandara-bandara yang sampai hari ini masih mengalami peningkatan penumpang maupun pesawat tetap untuk melaksanakan Posko Liburan. “Kami akan dibantu oleh beberapa personil dari Angkatan Udara maupun KP3U serta beberapa mitra kerja yang masih tetap melaksanakan Posko Liburan,” ucapnya.

Lebih lanjut Yanus menjelaskan, dibandingkan dengan rata-rata penumpang di hari biasa, pada momen Lebaran terjadi peningkatan hingga 13 persen. Sedangkan jika dibandingkan Lebaran tahun 2016 lalu, tahun ini terjadi kenaikan pergerakan penumpang sebesar 6,45 persen. “Selama libur Lebaran ini, kami telah melayani 1,2 juta lebih penumpang. Jika dihitung, rata-rata ada 62 ribu lebih penumpang setiap harinya,” sebut Yanus.

Menurutnya, peningkatan penumpang ini sudah diprediksi oleh pengelola bandara, mengingat adanya tambahan penerbangan (extra flight) dari dan ke Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai. Sejak 15 Juni 2017 sampai dengan penutupan posko, terdapat 214 extra flight. Total jumlah penerbangan selama periode tersebut adalah 7.924 penerbangan yakni meningkat 12 persen dibanding periode Lebaran 2016.

“Extra flight yang sudah kita approve untuk 264 penerbangan ternyata sampai hari ini yang dipakai adalah 214 penerbangan. Bahkan delay saat Lebaran di Ngurah Rai masih terkendali dibawah 30 menit” sebutnya. Saat puncak pergerakan, tercatat 74.820 penumpang datang dan berangkat melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai. Kendati padat akan arus penumpang, operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai terbilang cukup lancar.

Dikatakan Yanus, sedianya posko Lebaran ini terselenggara sampai dengan tanggal 11 Juli 2017, tetapi menyusul Instruksi Menteri Perhubungan Nomor: IM. 14 tahun 2017 tentang Perubahan Pelaksanaan Monitoring dan Berakhirnya Masa Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2017 (1438 H), maka manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai secara seremonial menutup operasional posko terpadu.

“Koordinasi dan komunikasi akan tetap dilakukan secara intens dengan instansi-instansi lain agar operasional dan pelayanan di Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat tetap terjaga dengan baik, aman dan lancar,” tambahnya.

wartawan
Ayu Eka Agustini
Category

Berlangsung Meriah, Telkomsel Ikut Semarakan Denpasar Festival ke-18

balitribune.co.id | Denpasar - Telkomsel turut berpartisipasi pada event Denpasar Festival ke-18 sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan budaya sekaligus menghadirkan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Telkomsel pada perhelatan tahunan ini diwujudkan melalui booth pelayanan pelanggan yang siap melayani berbagai kebutuhan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya icon click

Tiga Langkah Kecil Pastikan Liburan Tahun Baru Masih Masuk ke Rencana Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Berdasarkan data OCBC Financial Fitness Index 2025, hanya 12% menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal tahun. 82 persennya menganggap anggaran hanyalah angan-angan. 76 persen anak muda masih habiskan uang demi ikut gaya hidup satu sama lain. Meskipun turun dari 80 persen, angka ini masih tergolong tinggi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Desa Wisata di Bali Berhasil Raih Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Tahun 2025

balitribune.co.id | Denpasar - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) mengumumkan pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan. Pada tahun 2025 ini, Kemenpar RI berkolaborasi dengan salah satu bank swasta mensertifikasi 10 desa wisata di Indonesia.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Astra Motor Bali Hadirkan Servis Gratis Honda di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung Jelang Nataru

balitribune.co.id | Denpasar – Menyambut perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Astra Motor Bali kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan prima kepada konsumen setia Honda melalui program Servis Gratis Honda. Layanan ini berlangsung mulai 22 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung, Denpasar.

Baca Selengkapnya icon click

PascaBanjir di Bali, Zurich Menerima Pengajuan Klaim Rp 30 Miliar Lebih

balitribune.co.id | Denpasar - PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) telah menerima laporan klaim atas lebih dari 140 polis dengan estimasi total kerugian mencapai lebih dari Rp 30 miliar terkait bencana di Bali tersebut. Sebagian besar klaim berasal dari lini asuransi properti, disusul oleh lini kendaraan bermotor.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.