Libur Panjang, Pangdam Pastikan Keamanan dan Prokes | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 28 November 2021
Diposting : 27 October 2020 04:28
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ VIDCON - Jam Komandan melalui video conference (vidcon) di Ruang Yudha Puskodalops Kodam IX/Udayana, Denpasar, Senin (26/10).
Balitribune.co.id | Denpasar - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara dan Satgas Kogasgabpad Pendisiplinan Covid-19 di wilayah Bali-Nusra memastikan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) dan keamanan tetap terlaksana selama libur panjang (28 Oktober - 1 November 2020).
 
"Tugas-tugas pendisiplinan harus tetap berjalan dan perlu adanya penebalan jumlah personel yang bertugas, seperti di pintu-pintu masuk wisatawan yaitu, di bandara, pelabuhan, di tempat rekreasi, mall, tempat ibadah maupun fasilitas umum lainnya," ujar Pangdam, saat melaksanakan Jam Komandan melalui video conference (vidcon) di Ruang Yudha Puskodalops Kodam IX/Udayana, Denpasar, Senin (26/10/2020). 
 
Kegiatan vidcon tersebut untuk memastikan kesiapan jajaran Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan tugas tentang pencegahan dan penularan Covid-19 terkait antisipasi libur panjang. Turut hadir mendampingi Pangdam antara lain, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya, Irutum (mewakili Irdam IX/Udayana), Asrendam dan para Asisten Kasdam IX/Udayana, Danpomdam, Kapendam, Kakumdam, Kainfolahtadam, dan Kabintaldam IX/Udayana.
 
Pada kesempatan tersebut Jenderal Kurnia Dewantara menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan tugas kepada Satgas yang tergabung dalam Kogasgabpad Pendisiplinan Covid-19. Terkait adanya libur panjang kali ini, para Dansat diingatkan agar mengatur kegiatan tersebut dan selalu siap siaga bila dibutuhkan sewaktu-waktu untuk melaksanakan tugas.
 
"Kepada para Dansat, agar tidak bosan untuk melakukan pengecekan dan pendataan terhadap anggota yang memiliki penyakit menahun seperti, penyakit jantung, paru-paru, hipertensi, dan lain sebagainya yang rentan terpapar Covid-19. Serta selalu mengajak seluruh anggota untuk disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat," saran jenderal TNI AD bintang dua itu.
 
Selain pelaksanaan pendisiplinan tentang penerapan prokes selama libur panjang, juga diingatkan untuk memonitor terkait Pilkada Serentak 2020 yang pentahapannya tetap berjalan, termasuk antisipasi cuaca ekstrim. Sehingga diharapkan untuk tetap menjaga faktor kesiapsiagaan satuan.
 
Sebelumnya, ketika memimpin rapat koordinasi (rakor) melalui vidcon, Minggu (25/10) malam, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Letjen TNI Doni Monardo menekankan kepada semua pihat untuk tetap disiplin mematuhi prokes dengan melaksanakan 3M yaitu, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman.
 
"Selama libur panjang agar tetap memperhatikan faktor keamanan di rumah seperti, keamanan penggunaan listrik, kompor maupun pencurian serta keamanan dalam perjalanan. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan melaksanakan 3M," saran Letjen TNI Doni Monardo.
 
Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, SIP, menambahkan, terkait kegiatan pendisiplinan prokes di wilayah Kodam IX/Udayana masih terus dilaksanakan secara masif. Seperti yang dilaksanakan aparat terkait yang bertugas di Pos Rapid Test Pelabuhan Gilimanuk, Minggu (25/10), memergoki 14 orang yang dalam perjalanan menuju ke Bali, tetapi tidak mengantongi surat hasil rapid test, sehingga terpaksa dipulangkan ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.