Lulusan SMA/SMK Antusias Pilih Konsentrasi e-Tourism | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 13 April 2024
Diposting : 28 February 2018 08:32
Redaksi - Bali Tribune
STIKOM
Ketua Progaram Studi Sistem Informasi STIKOM Bali, Ricky Aurelius Diaz dan Koordinator STIKOM Bali Kampus Jimbaran Amanda Paramita Nugraha, SE., MM.

BALI TRIBUNE - Sejak membuka konsentrasi e-Tourism beberapa bulan lalu, minat siswa SMA maupun SMK mendaftar di STIKOM Bali Kampus  Jimbaran terus meningkat. Hingga akhir Februari 2018 ini, jumlah calon mahasiswa baru yang memilih konsentrasi e-Tourism mencapi 30 orang.

Koordinator Kampus STIKOM Bali Jimbaran, Amanda Paramita Nugraha menyampaikan bahwa Konsentrasi eTourism ini hanya dibuka di Kampus Jimbaran, dimana lokasi kampusnya memang di pusat kawasan pariwisata Bali dan pendaftaran gelombang pertama baru dibuka.

“Akhir  tahun 2017 hingga awal 2018  yang biasanya pendaftar masih sedikit, kini sudah puluhan siswa yang mendaftar, bahkan sebuah SMK Pariwisata di kawasan Kuta sudah 20 yang mendaftar, total jumlah pendaftar yang memilih konsentrasi e-Tourism mencapai 30 orang,” jelas Amanda Paramita Nugraha di kantor, STIKOM Bali Kampus Jimbaran, Selasa (27/02).

STIKOM Bali Kampus Jimbaran sebagai sebuah kampus yang berlokasi di sentra wisata Bali memandang bahwa mahasiswa dan lulusan harus turut serta berkontribusi dalam bidang pariwisata. Oleh karena itu, sejak tahun akademik ini, Program Studi Sistem Informasi membuka konsentrasi baru yaitu e-Tourism.

Ketua Program Studi Sistem Informasi STIKOM Bali, Ricky Aurelius Nurtanto, S.Kom, MT. menyampaikan bahwa kompetensi yang dihasilkan dari konsentrasi ini adalah mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi peluang usaha di bidang pariwisata dan mampu menentukan bidang usaha pariwisata yang paling prospek untuk masa yang akan datang dengan berbasis teknologi informasi.

“Dengan mengetahui peluang usaha di bidang pariwisata dan kemampuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, lulusan nanti diharapkan bisa menjadi e-Tourismpreneur,” ujarnya.

Lebih lanjut Ricky Aurelius Nurtanto menyampaikan selain menjadi wirausahawan di bidang pariwisata, mahaiswa dan lulusan juga bisa berkarir di bidang pariwisata karena kompetensinya sudah disiapkan.

“Mereka sudah bisa berkarir di bidang pariwisata dengan menjadi Online Booking Specialist atau Social Media Officer yang akan sangat membantu hotel atau villa dalam mendapatkan tamu,” jelas Ricky.

Lebih lanjut Koordinator Kampus STIKOM Bali Jimbaran, Amanda Paramita Nugraha menyampaikan bahwa STIKOM Bali sudah menyiapkan berbagai hal untuk pembukaan Konsentrasi e-Tourism ini, mulai kurikulum hingga kerjasama dengan berbagai pihak.

“Guna menyiapkan mahasiswa menjadi e-tourismpreneur ini, kami sudah menjalin kerjasama dengan berbagai usaha di sektor pariwisata sebagai tempat magang mahasiwa kami sehingga memberikan wawasan dan keterampilan di bidang pariwisata khususnya hospitality,” pungkas Manda.