Maling Gasak Uang Sesari Pura Jagatnatha | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 20 Oktober 2020
Diposting : 14 May 2020 23:35
Khairil Anwar - Bali Tribune
Bali Tribune / Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Buleleng dipimpin Kanit I,Ipda Cavin Situmorang mendatangi lokasi pencurian di Pura Jagadntaha Singaraja,Kamis (14/5).
balitribune.co.id | SingarajaDitengah kondisi ekonomi yang makin tertekan akibat corona virus (Covid-19), kadang membuat pelaku kejahatan gelap mata. Selain tak memilih tempat, pelaku tak peduli lokasi sasarannya berdekatan dengan kantor polisi.
 
Seperti peristiwa pencurian yang terjadi di Pura Jagadnatha Singaraja, pencuri menggasak uang milik pura yang tersimpan dikotak sesari pura tersebut. Tak hanya itu sejumlah bola lampu yang terpasang ikut juga dipreteli pencuri. Pencuri nekad itu sepertinya meledek kepolisian mengingat Pura Jagatnatha berlokasi diseberang Markas Polres Buleleng.
 
Aksi pencurian itu pertama diketahui oleh penjaga pura bernama  Made Agus Erawan (52) Rabu (13/5)  pukul 14.00 siang. Menurut keterangan warga Peguyangan, Kelurahan Astina, Buleleng itu, uang yang ada dalam kotak sesari digasak oleh pencuri dengan cara dicongkel. Selain itu, Agus juga melaporkan kehilangan bola lampu penerang yang terpasang di tujuh tempat berbeda.
 
"Begitu diketahui ada kehilangan diareal pura, langsung kami laporkan kepada pengempon Pura Jagatnatha. Kasus pencurian ini baru pertama kali terjadi, kata Agus, Kamis (14/5).
Kendati dalam kotak sesari tak tersimpan uang dalam jumlah banyak namun perbuatan itu sudah membuat was-was. Pasalnya, ada banyak benda lainnya tersimpan dalam pura tersebut yang perlu dijaga keberadaannya.
 
"Uang dalam kotak sesari tak banyak, mungkin hanya ratusan ribu. Kami hanya beruntung pencuri tak menyasar benda-benda lainnya milik pura," ucapnya.
Atas peristiwa itu pihak pengempon Pura langsung melaporkan kasus pencurian ke Mapolres Buleleng. 
 
Usai menerima laporan, sejumlah  anggota Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Buleleng dipimpin Kanit I,Ipda Cavin Situmorang langsung mendatangi lokasi. Sejumlah petugas jaga dipura itu dimintai keterangan sembari melakukan olah TKP.
 
Kasat Reskrim AKP Vicky Tri Haryanto saat dikonfirmasi, membenarkan peristiwa pencurian di pura Jagatnatha yang berlokasi depan Mapolres Buleleng.
"Benar, ada laporan soal pencurian uang sesari dan bola lampu penerangan di Pura Jagatnatha. Kasus ini masih dalam penyelidikan dengan meminta keterangan beberapa saksi-saksi,"tandasnya.