Mandalika Layak Gelar Balap Formula One | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 28 November 2021
Diposting : 22 November 2021 02:20
RED - Bali Tribune
Bali Tribune / F1 - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (dua dari kiri) menilai Sirkuit Mandalika layak menggelar balap Formula One.

balitribune.co.id | Loteng - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat sudah memenuhi standar  balap Formula One (F1).

"Kalau kita lihat ini kualitas aspalnya sudah melebihi Formula 1. Tinggal kita perbaiki sana sini sedikit," kata Luhut di sela-sela meninjau stand UMKM di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Minggu (21/11).

Luhut Binsar Pandjaitan hadir di Sirkuit Mandalika ditemani sejumlah menteri di antaranya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah dan pengusaha nasional Aburizal Bakrie.

Luhut mengungkapkan, meski Sirkuit Mandalika sudah memenuhi syarat untuk ajang F1, namun tidak berani memastikan apakah sirkuit yang memiliki panjang 4,3 kilometer dengan 17 tikungan tersebut bisa menjadi tuan rumah digelarnya ajang jet darat paling bergengsi di dunia itu.

"Secara kualifikasi sudah memenuhi syarat untuk F1. Tetapi apakah bisa, kita lihat aja peluangnya bagaimana nanti. Kalau jadi Pak Gubernur NTB semakin hebat," tegas Luhut.

Menurut Luhut, terpenting saat ini keberadaan Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, NTB harus dijaga. Karena sirkuit ini dibangun untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi semua terlibat dari atas sampai rakyat jelata. Jangan bilang pemerintah tidak perhatian. Pemerintah itu dari atas ke bawah sangat perhatian," katanya.

Diapresiasi

Spesialis keamanan dari Dorna Sports, Fernando Arandiga mengapresiasi keberhasilan Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal dalam mengelola pengamanan ajang balap internasional di Sirkuit Mandalika, Lombok.

"Saya mengapresiasi rekan kolega saya (Kapolda NTB) yang berhasil membantu kami dalam menyelenggarakan acara besar kelas internasional dan perdana di Lombok, di Indonesia. Untuk seluruhnya, saya ucapkan terima kasih," kata Fernando Arandiga ketika ditemui bersama Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal usai perhelatan balap internasional di Sirkuit Mandalika.

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal yang memperoleh apresiasi menjelaskan bahwa suksesnya perhelatan besar ini terlaksana berkat persiapan yang matang.

"Kunci sukses dari acara ini karena persiapannya yang matang. Tiga bulan kami persiapkan semua ini bersama seluruh stakeholders, baik itu dengan TNI, Polri, dan instansi pemerintah. Jadi semua sudah siap dan tahu apa yang harus dilakukan karena persiapan yang matang," kata Mohammad Iqbal.

Bahkan dalam rencana awalnya, ujar dia, pengamanan lapis pertama dan kedua yang berada di dalam areal Sirkuit Mandalika dan menjadi kewenangan pihak penyelenggara, pada akhirnya Polri ikut membantu.

"Karena awalnya polisi tidak masuk ke 'ring' satu pengamanan, tetapi mereka butuh bantuan sehingga kami masuk dan syukur alhamdulillah hingga akhir acara tidak ada satu pun gangguan keamanan yang membuat gaduh," ujarnya.

Iqbal menyampaikan bahwa dukungan seluruh elemen masyarakat tidak lepas dari suksesnya acara ini. Salah satu tolok ukurnya dilihat dari imbauan yang disampaikan sebelumnya kepada masyarakat, khususnya penonton untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi ketika menuju Sirkuit Mandalika.

"Terbukti pada hari ketiga ini, tidak ada kemacetan yang berarti. Dari yang kami lihat, yang ada hanya mobil pembawa tamu VIP, pekerja, ofisial, dan pebalap atau orang yang berhubungan dengan pebalap," ucap Iqbal.

Hukum & Kriminal

Terpopuler