Mengajar Bahasa Inggris Bersama Rumah Baca | Bali Tribune
Diposting : 25 June 2022 12:11
ARW - Bali Tribune
Bali Tribune / Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana berkolaborasi dengan Yayasan Rumah Baca melaksanakan program kerja pengabdian di Peguyangan, Denpasar Utara.

balitribune.co.id| DenpasarProgram studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana berkolaborasi dengan Yayasan Rumah Baca melaksanakan program kerja pengabdian kali ini. Terletak di Peguyangan, Denpasar Utara, tepatnya di kediaman Ibu Luh Sri selaku pengelola Yayasan Rumah Baca, yayasan tersebut berfokus pada pengajaran bahasa inggris pada murid-murid SD dan SMP secara sukarela.

Berbeda dari pengajaran yang dilakukan di sekolah-sekolah. Rumah baca memiliki metode pengajaran yang unik dan menyenangkan, yaitu selalu menyediakan makanan ringan untuk para muridnya sebagai reward dari semangat mereka  belajar bahasa inggris. “Anak-anak seringkali hilang minat dalam belajar apalagi di zaman yang memudahkan mereka untuk bermain game online dalam gadget, makanya harus diberikan sesuatu dan juga pengajaran yang menyenangkan seperti diberikan lagu-lagu agar mereka mau untuk belajar bahasa inggris,” Ungkap Bu Luh Sri.

Berkolaborasi dengan Rumah Baca, Program Studi Ilmu Komunikasi membawa mahasiswa-mahasiswinya yang berminat sebagai volunteer pengajar dalam program kerja pengabdian yang akan dilaksanakan selama empat hari yaitu pada tanggal 22, 23, 29 dan tanggal 30 dengan kegiatan puncak yaitu “Treasure Hunt”, di mana pada puncak kegiatan tersebut anak-anak akan bermain games yang tentunya berhubungan dengan yang sudah mereka pelajari bersama para volunteer selama tiga hari.

Dengan dibumbui games dan juga hadiah makanan ringan bagi mereka yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar, nampak antusiasme anak-anak saat sesi belajar bersama para volunteer yang telah terlaksana pada hari pertama Rabu sore (22/6).  

Selain mengajarkan pembelajaran bahasa inggris, di yayasan ini juga mengajarkan kebiasaan-kebiasaan seperti mencuci tangan terlebih dahulu saat datang, hingga merapikan meja dan kursi saat pembelajaran selesai. Bahkan, Bu Luh Sri juga mengimbau kepada volunteer untuk turut serta memberikan contoh kepada adik-adik Rumah Baca.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan pengabdian berkolaborasi dengan Rumah Baca ini, tidak hanya untuk membantu anak-anak Rumah Baca dalam belajar bahasa Inggris, namun juga memberikan manfaat bagi para volunteer dari segi pengalaman, serta berbagi kebermanfaatan.

Hukum & Kriminal

Terpopuler