Mengenal Bank Digital di Indonesia | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 09 Desember 2021
Diposting : 21 October 2021 15:39
RED - Bali Tribune
Bali Tribune / ist - Ilustrasi

balitribune.co.id | Bank digital merupakan bank yang beroperasi layaknya bank umum tetapi dilakukan via daring. Bank digital memungkinkan Anda untuk tidak datang langsung ke bank, tetapi memperoleh pelayanan secara mandiri mulai dari administrasi rekening, melakukan transaksi, bahkan hingga bisa berinvestasi apapun itu berdasarkan persetujuan OJK. Lalu, apa sajakah bank digital yang kini sudah resmi beroperasi di Indonesia, terutama yang menyediakan layanan investasi? Berikut ini daftar bank digital yang bisa Anda nikmati layanannya yang dirangkum dari InvestBro.

Jenius

Jenius adalah aplikasi keluaran Bank BTPN sejak lebih dari 5 tahun silam, alias 11 Agustus 2016, dengan total keseluruhan mencapai 500 miliar rupiah untuk investasi aplikasi ini. Aplikasi ini tersedia baik melalui Android maupun iOS. Melalui kartu debit visa dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Jenius dapat terkoneksi dengan ekosistem perbankan nasional, dan aplikasi ini salah satu aplikasi yang terbilang aman dan cerdas dalam mengatur keuangan serta membantu nasabah untuk menabung dan bertransaksi.

Lalu, apa saja fitur-fitur inovatif yang tersedia di dalam aplikasi Jenius? Mungkin fitur-fitur yang ada dapat dijadikan kelebihan untuk Jenius sendiri, terlebih lagi bagi Anda yang menginginkan tabungan ataupun investasi jangka panjang, yaitu sebagai berikut.

  1. Pembukaan rekening tabungan tanpa biaya administrasi dan tanpa saldo minimum. Hal ini cocok bagi Anda yang sedang mengalami kondisi ‘kantong kering’ bukan?
  2. Transfer dan tarik tunai tanpa biaya admin tambahan. Biasanya ketika di ATM manapun, jika Anda melakukan transfer ataupun tarik tunai tentu tabungan Anda akan terpotong biaya admin mulai dari 1.500 hingga 6.000 rupiah. Namun, di Jenius ini, Anda bisa melakukan tarik tunai-transfer secara aman tanpa biaya administrasi maksimal 25 kali setiap bulannya.
  3. Bunga yang tinggi untuk tabungan-deposito Anda. Dengan deposito minimal sebesar 10 juta rupiah, Jenius menyediakan bunga tinggi sekitar 6% per tahun, yang disebut Maxi Saver. Selain itu, jika Anda menabung di Jenius, akan diberikan bunga 4% per tahun yang bisa Anda tarik kapan saja Anda membutuhkan, tanpa minimum saldo lho!
  4. Anda juga dapat menabung dengan beberapa fitur tabungan (Save It) yang disediakan Jenius, seperti Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver. Cukup terorganisir sesuai tujuan Anda bukan? Selain itu, terdapat pula fitur monitoring keuangan secara real-time, di mana Anda bisa mengatur keuangan Anda, terlebih jika ingin berinvestasi.

Selain itu, Jenius juga menyediakan layanan Flexi Cash untuk peminjaman dana, e-Card sebagai kartu kredit virtual, dan juga top up e-money dengan mudah, murah, dan cepat.

Digibank

Digibank, Level Up! Nikmati transaksi dan investasimu di 1 aplikasi. Inilah yang mungkin menjadi keunggulan tersendiri bagi Digibank, yang merupakan produk digital luaran Bank DBS. Layanan yang disediakan antara lain tabungan, pinjaman, kartu kredit, transfer valas, hingga investasi.

Apa saja sih keunggulan dari Digibank itu? Yuk simak keunggulan Digibank yang mungkin saja tidak ditemukan di bank digital lainnya.

  1. Terdapat virtual assistant berbasis AI di Digibank yang akan membantu Anda setiap harinya.
  2. Terdapat spending tracker untuk membantu Anda dalam melakukan transaksi dan merencanakan keuangan.
  3. Anda dapat membuka deposito tanpa harus mengeluarkan banyak uang, melainkan mulai dari 5 juta saja. Cara membuka rekening pun mudah serta bunga yang ditawarkan setiap tahunnya cukup tinggi, yaitu 6,25% setiap tahunnya. Luar biasa!
  4. Keamanan transaksi dapat dipertanggungjawabkan, karena terdapat sistem pengamanan Soft Token, jadi tidak perlu menunggu OTP lewat SMS.
  5. Anda bisa melakukan transfer hingga 500 juta setiap harinya, serta 200 juta setiap kali transaksi secara gratis, asalkan saldo minimal yang Anda miliki di rekening adalah 1 juta rupiah. Selain itu, tarik tunai juga dapat dilakukan tanpa biaya administrasi sedikitpun.

Jika Anda ingin berinvestasi di aplikasi Digibank, siapkan modal Anda mulai dari 100 ribu. Setelah itu, Anda dapat menikmati beberapa layanan tersebut: Reksadana, Deposito Rupiah, Deposito Valas, Rekening Valas, Obligasi Pasar Perdana, Obligasi Pasar Sekunder. Jika Anda memilih investasi berbentuk deposito, investasi ini cocok buat Anda yang bingung bagaimana cara menggunakan uang berlebih, dengan setoran yang ringan mulai dari 1 juta dengan tenor juga dimulai dari 1 bulan serta bunga 4,10% per tahun. Sedangkan jika Anda memilih investasi obligasi, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda setiap bulan, karena pendapatan yang tetap setiap bulannya dari pembayaran imbalan/kupon.

Wokee

Wokee adalah suatu layanan bank digital yang sudah dirilis oleh Bank Bukopin sejak 4 tahun yang lalu, namun aplikasi ini akan senantiasa mengembangkan dirinya dan selalu memberikan inovasi terbaik untuk nasabahnya, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Cara masuk aplikasi yang unik, yaitu cukup dengan fingerprint, wajah, atau suara Anda.
  2. Anda juga dapat melakukan pembayaran ataupun isi ulang tagihan telekomunikasi (misalnya pulsa), uang elektronik, dan juga listrik.
  3. Anda juga dapat membuka beberapa rekening sekaligus di satu tabungan dengan bunga yang lebih menarik.
  4. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan teknologi QRIS untuk memudahkan Anda tanpa harus mengetik nomor rekening ataupun emoney.

Jago

Jago, aplikasi rintisan Bank Jago yang dulunya dikenal Bank Artos, merupakan salah satu bank digital yang berdiri di tahun 2021, namun pencapaiannya luar biasa karena pernah mencapai angka yang fantastis dalam harga sahamnya, misalnya mencapai 16.825 per lembar saham. Jago inipun bekerja sama dengan Gopay, bagian dari Gojek, serta kini memiliki modal sekitar 8 triliun rupiah hingga memasuki kategori bank BUKU 3.

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan di aplikasi Jago.

  1. Tidak ada biaya administrasi ketika membuka-menutup kirim dan kirim uang. Bahkan, top up Go Pay juga digratiskan saking mereka saling ber-partner satu sama lain.
  2. Bunga tabungan yang ditawarkan cukup tinggi yaitu 4% per tahun, lebih tinggi dari bunga deposito dan tenor simpanan yang pendek, alias minimal setelah dua minggu Anda sudah bisa mengambil kembali tabungan Anda.
  3. Fitur ‘Kantong’ terbilang sangat populer dan khas di Jago, yang dapat membantu Anda mengelola keuangan dengan baik, apalagi bisa dikolaborasikan dengan keluarga atau teman-teman secara baik dan efisien.

Terkait investasi sendiri, ternyata Jago sudah bekerja sama dengan Bibit, lho! Keunggulannya, tidak ada biaya administrasi/top-up yang dibutuhkan untuk berinvestasi, dapat dilakukan pembelian-penarikan secara cepat tanpa harus menunggu, dapat melihat portofolio secara langsung lewat akun Jago Anda.

Blu

Aplikasi yang satu ini terbilang cukup baru dan berasal dari Bank BCA. Kurang lebih kelebihannya sama seperti bank-bank digital sebelumnya, yaitu bunga tabungan 3% per bulan serta bunga deposito 4% per bulan. Selain itu, tidak ada biaya administrasi yang diperlukan jika Anda baru akan membuka rekening dan melakukan transaksi serta bisa membuat tabungan bersama layaknya bendahara untuk memudahkan Anda dan teman-teman dalam melakukan patungan dan sebagainya. Empat fitur utama dari Blu adalah tabungan, transaksi, monitor, dan ekstra.

Dalam hal tabungan, terdapat empat layanan utama yang disediakan BCA, yaitu bluAccount (rekening utama), bluSaving (tabungan), bluGather (rekening bersama), dan bluDeposit, deposito berjangka dengan sifat yang fleksibel dan bunga yang kompetitif (4% p.a.). Bisa jadi keempat fitur tersebut dapat mendukung dan melatih Anda untuk melakukan investasi.

KESIMPULAN

Itulah tadi lima contoh bank digital yang sudah siap untuk melayani kebutuhan keuangan Anda. Jadi, bank digital mana yang kamu minati? Semoga bermanfaat, ya!

Hukum & Kriminal

Terpopuler