Musim Bencana, Bangun Dua Pos Kesiagaan | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 27 November 2021
Diposting : 25 November 2021 07:10
ATA - Bali Tribune
Bali Tribune/ SIAGA - Apel Gabungan siaga antisipasi bencana alam dan Nataru di Mapolres Gianyar.

balitribune.co.id | Gianyar - Potensi bencana dipastikan akan terus berlanjut hingga pergantian tahun. Karena itu, Polres Gianyar pun memastikan kesiagaan aparatur dan masyarakat dalam mengantisipasi dampak bencana ini. Untuk mempermudah menanganan, dua pos kesiagaan pun dibangun dari pesisir hingga wilayah pengunungan.

Hal ini diungkapkan dalam apel gabungan siaga kebencanaan. di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana Polres Gianyar, Rabu (24/11/21). Wakapolres Gianyar, Kompol I Nyoman Wirajaya, S.H., M.H. mengatakan bahwa pihaknya menggelar apel gabungan ini bersama instansi terkait seperti BPBD, Damkar, TNI, PMI, serta instansi terkait lainnya. "Kami menggelar apel siap kesiagaan kebencanaan ini adalah untuk mengecek para personel yang terlibat dalam antisipasi kebencanaan, mulai dari alat alat perlengkapan kebencanaan, itu kami cek semua," ujarnya.

Dikatakan, Polres Gianyar memastikan agar para personel di lapangan ketika terjadi bencana alam dapat sigap ke TKP untuk melakukan upaya evakuasi atau upaya-upaya yang diperlukan. "Jadi personel harus sigap dulu datang ke TKP, harus cepat. Nanti untuk penanganan langsung dikoordinasikan dengan petugas yang terlibat di lapangan," katanya.

Selain itu, Polres Gianyar juga membangun posko siaga kebencanaan di dua titik wilayah Kabupaten Gianyar. "Dibangun juga posko siaga kebencanaan, di wilayah pegunungan dan pantai. Seperti di wilayah Tegallalang dan Masceti, kami bangun pos disana karena dianggap rawan terjadi bencana alam," ucapnya.

Kompol I Nyoman Wirajaya juga mengatakan bahwa angka bencana alam tahun ini mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya,"Kalau bicara soal data, tahun ini menurun angka bencana alamnya. Tapi walaupun demikian, mitigasi harus tetap dilaksanakan," ungkapnya.

Masyarakat juga diharapkan agar selalu waspada pada saat cuaca ekstrim dan segera melaporkan kepada petugas bila terjadi suatu bencana alam, "Masyarakat kami himbau agar selalu waspada, terutama pada saat malam hari," tandasnya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler