Musim Kemarau, Kasus Kebakaran Lahan di Karangasem Meningkat | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 04 Februari 2023
Diposting : 9 August 2022 22:51
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune/PADAMKAN API - Petugas Pemadam Kebakaran Karangasem berupaya memadamkan api kebakaran lahan di Kecamatan Kubu.
balitribune.co.id | Amlapura - Musim kemarau yang terjadi saat ini menjadi salah satu pemicu terjadinya kebakaran lahan, selain karena kelalaian warga yang membakar sampah tanpa mengawasi hingga sisa pembakaran benar-benar mati. 
 
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karangasem I Nyoman Siki Ngurah, kepada awak media, Selasa (9/8/2022), menyebutkan kejadian kebakaran lahan terakhir terjadi pada Senin (8/8/2022), lahan seluas 50 are milik warga di Banjar Dinas Darma Winangun, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Karangasem, terbakar. 
 
Disebutkannya, kasus kebakaran tersebut terjadi pada malam hari. "Saat itu warga yang melihat kejadian itu langsung melapor, dan anggota langsung meluncur melakukan pemadaman. Kebakaran berhasil ditangani," tegas Siki Ngurah.
 
Ia menyebutkan tidak ada korban jiwa atau luka serta kerugian material dalam kejadian itu, karena yang terbakar hanya semak-semak. "Dari keterangan yang kami terima, diduga kebakaran tersebut terjadi akibat pembakaran lahan penggaraman. Kerugian materiil dan korbannya nihil. Luas yang terbakar sekitar 50 are," sebutnya
 
Diakuinya, memang terjadi peningkatan kasus kebakaran lahan di Karangasem sepanjang Tahub 2021 hingga 2022. Di Tahun 2021 sendiri tercatat ada sertus lebih kasus kebakaran lahan.