Nakhoda Bali Hai Rampok Kasir Money Changer | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 22 September 2020
Diposting : 7 August 2019 11:41
Redaksi - Bali Tribune
Bali Tribune/ DIAMANKAN - Tersangka rampok diamankan di Mapolsek Dentim
balitribune.co.id | Denpasar - Nakhoda Bali Hai, Rachmat Yeni Rianto (48) melakukan aksi perampokan terhadap kasir Money Changer Autorized milik PT Azzahra Maulana di Jalan WR Supratman Tohpati, Denpasar Timur (Dentim), Selasa (6/8) pukul 21.20 Wita. Beruntung aksi jahatnya itu berhasil digagalkan oleh seorang kasir perempuan asal Kupang, NTT dengan merampas senjata pistol shoftgun yang ditodongkannya.
 
Informasi yang berhasil dihimpun bali tribune pelaku diduga kuat sudah merencanakan aksinya itu. Sebab, ia telah membeli senjata shoftgun via online seharga Rp 2,8 juta. Selain itu, setelah lepas kerja sebagai nakhoda kapal Bali Hai di Benoa pukul 17.00 Wita, ia tidak langsung pulang ke rumahnya di Kediri, Tabanan, tetapi memilih menginap di Hotel Mutiara di kawasan Suwung Denpasar Selatan.
 
"Memang dia sudah merencanakan untuk melakukan aksinya ini. Setelah check in di hotel itu, pukul 22.00 Wita dia keluar dengan sepeda motor untuk mencari sasaran," ungkap seorang petugas.
 
Sesampai di lokasi kejadian, pelaku langsung masuk dan menodongkan pistol shoftgun ke arah kasir pria asal Sumba, NTT sambil meminta uang. Bahkan, pelaku sempat melepaskan sekali tembakan dan beruntung tidak mengenai korban. Merasa terancam, kasir pria itu kemudian memberikan sejumlah uang. Dan pada saat pelaku menerima uang, kasir perempuan merampas pistol yang ditodongkannya. "Kasir perempuan ini hebat. Dia yang merampas senjatanya," ujar seorang petugas. 
 
Setelah berhasil merampas senjatanya, kasir berteriak minta tolong sehingga masyarakat yang melintas di lokasi kejadian langsung menghakiminya. Beruntung, seorang anggota Brimob Polda Bali melintas di lokasi kejadian sehingga menenangkan massa.
 
"Karena pelaku bawa senjata, sehingga anggota Brimob ini menghubungi temannya yang sedang bertugas untuk datang mengamankan pelaku ke Kantor Brimob. Setelah itu baru dibawa ke Mapolsek Dentim. Sekarang pelakunya sedang diinterogasi di dalam," terangnya. (u)