Ngurah Rai Operasikan Kembali Seluruh Check-In Counter di Terminal Keberangkatan Domestik | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 03 Desember 2024
Diposting : 24 April 2019 13:46
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune/ TERMINAL DOMESTIK - Sejumlah penumpang sedang antri di counter check-in maskapai Lion Air di terminal domestik yang sebelumnya sempat dipindahkan ke terminal internasional pasca insiden kebakaran
balitribune.co.id | Kuta - Mulai Selasa (23/4), Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai mengoperasikan kembali seluruh check-in counter yang berada di terminal keberangkatan domestik, yang sebelumnya terdampak insiden kebakaran pada Jumat (19/4). Layanan check-in untuk penerbangan rute domestik dari maskapai penerbangan yang sempat berpindah ke terminal internasional, yaitu Air Asia, Travira Air, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air beroperasi kembali di terminal keberangkatan domestik. 
 
General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Haruman Sulaksono menyampaikan setelah dilakukan evaluasi menyeluruh pada kondisi terminal dan fasilitas meja check-in pasca insiden kebakaran beberapa waktu lalu, pada hari ini dapat disimpulkan bahwa seluruh fasilitas yang terdampak, dinyatakan layak operasi kembali.
 
"Dapat kami sampaikan bahwa mulai hari ini (Selasa, 23/04) layanan check-in counter untuk seluruh penerbangan rute domestik dari semua maskapai akan kembali beroperasi di terminal keberangkatan domestik," tegas Haruman. 
 
Kata dia, insiden kebakaran yang terjadi di Terminal Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai sempat mengakibatkan terganggunya layanan check-in untuk penumpang penerbangan rute domestik. Meja check-in nomor 23-62 terpaksa dinonaktifkan untuk sementara, demi alasan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna jasa bandar udara. 
 
Mengantisipasi hal ini, Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola bandar udara bereaksi cepat membagi kapasitas layanan check-in counter, dengan memindahkan layanan check-in bagi penerbangan rute domestik untuk maskapai penerbangan Air Asia, Travira Air, dan Lion Group, di Island E di terminal keberangkatan internasional. 
 
Dikatakan Haruman dengan beroperasinya kembali seluruh meja check-in untuk penerbangan domestik dari semua maskapai penerbangan, diharapkan dapat mengembalikan standar pelayanan kepada penumpang.
 
“Pengoperasian kembali seluruh meja check-in ini telah melalui serangkaian prosedur pengecekan, terutama dari sisi keamanan dan keselamatan. Dengan beroperasinya kembali seluruh check-in counter ini, kami harap dapat kembali memberikan kemudahan bagi seluruh penumpang,” ujarnya.
 
Selain pengoperasian kembali seluruh meja check-in di terminal domestik, fasilitas eskalator dan elevator juga sudah dapat kembali dipergunakan oleh pengguna jasa bandar udara. Fasilitas mesin screening check-point 2 (SCP 2) di sisi barat juga telah berfungsi kembali, dan dapat kembali dilalui oleh penumpang seperti sedia kala.
 
Sedangkan untuk pre screening check-point yang merupakan pemeriksaan keamanan tahap pertama bagi calon penumpang dan pengguna jasa, akan dipersiapkan terlebih dahulu sistem satu pintu. Selain itu, sistem random checking  yang akan dilakukan oleh personel Aviation Security serta optimalisasi kamera CCTV untuk profiling calon penumpang dan pengguna jasa bandar udara, turut serta akan diterapkan untuk menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan.