Nihil Kematian Ibu Melahirkan, Gianyar Toreh Reward | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 28 November 2021
Diposting : 22 April 2016 14:22
habit - Bali Tribune
PANTAU - Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata saat memantau Pelayanan Ibu Bersalin dan Kesehatan Bayi di RSU Sanjiwani Gianyar

Gianyar, Bali Tribune

 Ditengah upaya gencar Pemkab Gianyar mengatasi wabah DBD. Kabupaten Gianyar, patut berbangga karena mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi Bali dalam bidang kesehatan. Gianyar menjadi satu-satu kabupaten/kota di Bali yang berhasil menerima piagam  penghargaan dari Gubernur Bali atas keberhasilan menekan angka kematian ibu (AKI) O% tahun 2015.

Piagam penghargaan kepada Kabupaten Gianyar karena telah berhasil menekan AKI menjadi nol tahun 2015, diserahkan Gubernur Bali diwakili Kadiskes Propinsi Bali, dr. I Ketut Suarjaya kepada perwakilan Kabupaten Gianyar, Sekdis Dinas Kesehatan, dr. Adi Sudiarsana di Badung,  Rabo (20/4).

Sekdis Dinas Kesehatan, dr. Adi Sudiarsana menjelaskan, capaian nol persen untuk AKI tahun 2015, berhasil dicapai berkat kerja sama yang solid antar pemerintah, swasta, dan seluruh masyarakat Kabupaten Gianyar. Disamping RSU D Sanjiwani saat ini merupakan rumah sakit saying ibu dan anak. Selain itu, fasilitas kesehatan mulai dari tingkat terbawah terus ditingkatkan oleh Pemkab. Gianyar. Memang, kasus kematian, khususnya ibu melahirkan tidak dapat diprediksi, atau lajunya fluktuatif. Namun, jika seluruh komponen bahu -membahu, maka angka tersebut dapat ditekan seminimal mungkin. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan AKI di Kabupaten Gianyar tahun 2011 sebanyak 5 orang, 2012 sebanyak 4 orang, 2013 sebanyak 6 orang, tahun 2014 sebanyak 4 orang, tahun 2015 sebanyak o orang dan hingga maret 2016 tercatat sebanyak 1 orang.    

Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata dihubungi terpisah menyampaikan, pengehargaan merupakan kerja keras jajaran kesehatan baik negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Gianyar. Disamping yang paling utama adalah semakin meningkatkanya kesadaran masyarakat dalam meningkatkan deraja kesehatan. Kita tentunya terus berupaya membenahi dan memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi kepada masyarakat. Dengan penghargaan yang kita raih dapat lebih meningkatkan pelayanan dan kesadaran bersama untuk meningkatakan kesehatan.

Hukum & Kriminal

Terpopuler