Nusa Penida Canangkan Padat Karya Produktif | Bali Tribune
Diposting : 23 May 2016 16:51
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Bupati
TUTUP - Bupati Suwirta menutup padat karya infrastruktur dan lanjutkan Produktif di Nusa Penida.

Semarapura, Bali Tribune

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menutup padat karya infrastruktur dilanjutkan dengan membuka padat karya produktif di Banjar Tukad Saang Desa Pejukutan Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Sabtu (21/5). Bupati Suwirta didampingi Camat Nusa Penida  I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ida Bagus Adnyana disambut Perbekel Desa Pejukutan serta para tokoh masyarakat setempat.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ida Bagus Adnyana dalam laporannya mengatakan, kegiatan pembentukan badan jalan dan pembuatan dinding penahan tanah (DPT) telah selesai 100%, pelaksanaannya dimulai sejak tanggal 26 Februari 2016. Kegiatan dikerjakan dalam kurun waktu 20 hari namun diselingi libur hari raya agama. Dengan selesainya akses jalan sepanjang 325 meter tersebut maka para pengguna jalan terutama para petani akan dimudahkan dalam melakukan aktivitas. Selain itu kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan akan terjamin karena jalan sudah tertata dan tidak khawati akan longsor karena sudah dibuatkan dinding penahan sepanjang 265 meter.

Setelah ditutupnya kegiatan itu, kini dilanjutkan kembali dengan kegiatan baru yakni padat karya produktif yang sumber dananya dari APBN Kementerian Ketenagakerjaan RI. Kegiatannya berupa bantuan bahan bangunan fisik untuk pembuatan kandang sapi  senilai Rp 25juta, bantuan sarana usaha untuk pembelian bibit sapi senilai Rp 65juta serta Uang Perangsang Kerja (UKP)yang diberikan kepada 66 orang pekerja lokal dengan nilai sebesar Rp 48juta lebih. Pembukaan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Suwirta pada lokasi pembuatan kandang sapi. Kegiatan ini akan dilakukan dengan waktu pengerjaan 12 hari kerja jumlah pekerja 65 orang dari warga setempat.  

Bupati Suwirta menyampaikan kegiatan padat karya merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat dalam upaya mengentaskan kemiskinan utamanya warga masyarakat yang masih menjadi pengangguran. Melalui program yang digulirkan ini, warga khususnya Desa Pajukutan agar menjaga dan memelihara apa yang telah dikerjakan saat ini.

Bupati Suwirta juga berharap, walaupun ini masih badan jalan namun ke depan diharapkan bisa jadi jalan raya. Dia juga mengharapkan masyarakat harus tetap selalu terjaga baik kerukunan, gotong-royong maupun yang lainnya, demi terciptanya masyarakat yang sejahtera.

Dalam kehadirannya di Banjar Tukad Saang Desa Pejukutan ini Bupati merasa tersanjung atas keramahan dan hangatnya sambutan yang dilakukan masyarakat. Bupati beserta rombongan disambut dengan tari jangkang yang dibawakan oleh 9 orang anak SD serta disuguhkan berbagai macam hidangan makanan.

Hukum & Kriminal

Terpopuler