Pandemi Tak Surutkan Perusahaan Penerbangan Datangkan Pesawat Baru | Bali Tribune
Diposting : 2 February 2021 19:21
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / AIRBUS - Tampak dalam pesawat Airbus 330-900NEO yang didatangkan oleh salah satu maskapai di Indonesia

balitribune.co.id | Denpasar – Kendati pandemi Covid-19 belum berlalu dan dalam sehari masih menginfeksi belasan ribu masyarakat Indonesia, perusahaan penerbangan di Tanah Air tetap melanjutkan bisnisnya. Meskipun pandemi mengakibatkan penurunan daya beli dan perekonomian masyarakat global, kondisi ini tidak menyurutkan industri penerbangan mendatangkan pesawat baru.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro ketika dikonfirmasi, Selasa (2/2) menyatakan, perusahaan maskapai ini mendatangkan pesawat terbaru generasi modern berbadan lebar (wide body) ke-5 yaitu Airbus 330-900NEO registrasi PK-LEQ pada akhir Januari 2021. 

Kata dia, proses pengambilan dan pengiriman pesawat oleh kru terdiri dari Captain Pilot, Kopilot serta teknisi. Pesawat bernomor LNI-001 menempuh jarak penerbangan tanpa henti berkisar 14 jam 30 menit dengan tetap menjalankan faktor keselamatan, keamanan serta pedoman protokol kesehatan.

Disampaikan Danang, pesawat PK-LEQ lepas landas dari Bandar Udara Internasional Toulouse Blagnac, Perancis (TLS) pada Sabtu (30/ 01) pukul 11.00 waktu setempat (Time in Toulouse, France, GMT+ 01)  Penerbangan ini telah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) pukul 07.15 waktu setempat (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07).

Ia mengungkapkan, pesawat baru berbadan lebar tersebut nantinya untuk memperkuat pasar domestik. "Begitupun untuk rencana penerbangan jarak jauh," ujar Danang. Hal ini guna mendukung program pemerintah di masa pandemi mengoptimalkan turis domestik. 

Kehadiran pesawat baru ini melengkapi kekuatan 4 armada berbadan lebar, terdiri dari Airbus 330-900NEO serta 6 Airbus 330-300CEO. Pengoperasian pesawat seri 330-900NEO ini, kembali menyampaikan sebagai maskapai pertama di Asia Pasifik mengoperasikan Airbus 330-900NEO sejak Juni 2019.

Seperti diketahui, maskapai ini pada 2018 telah memesan sepuluh unit Airbus 330-900NEO dan mempunyai opsi memperoleh empat tipe sejenis. Seluruh pesawat yang dipesan adalah berkapasitas lebih besar.

Hukum & Kriminal

Terpopuler