Pangdam Apresiasi Semangat Gotong Royong di Gianyar | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 04 Agustus 2020
Diposting : 30 July 2020 01:03
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Bali Tribune/ DITUTUP - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara memberikan sembako kepada salah seorang warga saat penutupan giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di Gianyar, Rabu (29/7).
balitribune.co.id | Gianyar - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara mengapresiasi semangat gotong royong antara prajurit TNI bersama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar. Terutama dalam upaya turut menyukseskan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 yang digelar di wilayah Kabupaten Gianyar selama sebulan, sejak akhir Juni lalu dan ditutup secara resmi Rabu (29/7).
 
“Saya kira ini merupakan satu hal yang patut dilestarikan, sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo, bahwa saat ini perlu menggelorakan semangat gotong royong. TMMD ini merupakan salah satu model gotong royong antara TNI, masyarakat, dengan pemerintah daerah,” ujar Pangdam.
 
Sebelum melakukan kunjungan ke lokasi TMMD di Br Singaperang, Desa Buahan Kaja, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, terlebih dahulu Pangdam menerima paparan dari Dandim 1616/Gianyar yang menjabat Dansatgas TMMD ke-108 Kodim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandy Siboro terkait hasil kegiatan TMMD tersebut.
 
Menurut Pangdam, apa yang dilakukan oleh prajurit TNI bersama masyarakat dan Pemkab Gianyar sangat luar biasa, karena kegiatan TMMD di daerah ini membangun jalan penghubung antara dua desa. Seperti yang diceritakan salah seorang pejabat Pemkab Gianyar, dulu saat berkunjung atau membawa hasil kebun harus berputar jauh, namun kini dengan dibangunnya jalan ini jaraknya lebih cepat dan sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi dengan dibangunnya pasar,sehingga hasil kebunnya bisa lebih dekat untuk dibawa ke pasar.
 
"Jadi, antara yang dikerjakan melalui program TMMD dengan menggunakan kontraktor ternyata satu banding lima. Selain lebih efisien dan yang lebih penting adalah semangat kebersamaan antara TNI dengan rakyat, karena prajurit TNI ini adalah Tentara Rakyat yang berasal dari rakyat, berjuang bersama rakyat, dan kelak setelah pensiun pasti kembali ke rakyat," kata Jenderal Kurnia Dewantara.
 
Terkait Hari Raya Idul Adha 1441 H pada Jumat (31/7), Pangdam mengimbau masyarakat, khususnya umat Islam agar selalu disiplin mengikuti protokol kesehatan saat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai sekaligus mencegah penyebaran Covid-19.
 
 Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, SIP, menambahkan, sesuai dengan komitmen TNI bersama komponen bangsa lainnya melalui program TMMD ini ingin mewujudkan desa sasaran menjadi desa percontohan yang berwawasan kebangsaan serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
“Untuk sasaran TMMD kali ini dikerjakan di empat wilayah Kodam IX/Udayana yaitu, di Kodim 1602/Ende, Kodim 1604/Kupang, Kodim 1628/Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dan Kodim 1616/Gianyar. Juga telah berhasil 100% menyelesaikan seluruh kegiatannya, baik sasaran fisik maupun non fisik serta hasilnya telah diserahkan kepada Pemda setempat,” jelas Kapendam.
 
Dalam acara peninjauan TMMD tersebut juga dilaksanakan pemberian sembako kepada masyarakat kurang mampu. Turut hadir, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, SH, Asrendam, Aslog, dan Aster Kasdam IX/Udayana, Kapendam dan Kazidam IX/Udayana, Danyon Zipur 18/Yudha Karya Raksaka (YKR), serta Dandeninteldam IX/Udayana.
 
Termasuk Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD IX/Udayana, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 163/Wira Satya, Wabup dan Wakapolres Gianyar, Perbekel Desa Kerta dan Perbekel Desa Buahan Kaja, Kelian Adat/Dinas, Bendesa Adat Br. Singaperang, Selat dan Saren, Ketua Karang Taruna Desa Buahan Kaja dan Desa Kerta serta masyarakat dan sejumlah undangan terkait lainnya.