Diposting : 15 July 2019 21:44
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ PAM VVIP – Didampingi MD ITDC The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, dan beberapa pejabat terkait, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, SIP., menutup kegiatan “Latihan Pam VVIP TA 2019” di Lapangan ITDC, Nusa Dua.
balitribune.co.id | Nusa Dua - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, SIP.,mengingatkan kepada seluruh prajurit TNI, khususnya para Satgas Pam VVIP dalam menjaga dan menciptakan kondusivitas keamanan agar tidak lengah dan menganggap remeh tugas rutinitas.
 
Hal tersebut merupakan wujud tanggung jawab Kodam IX/Udayana sebagai satuan TNI AD yang tiga wilayah provinsinya sering dijadikan tempat penyelenggaraan berbagai event berskala nasional maupun internasional.
 
“Tindak lanjut agar keamanan setiap kegiatan VVIP dapat terlaksana dengan baik, maka Kodam IX/Udayana selaku Komando Operasi Pengamanan VVIP (Koopspam VVIP) secara terprogram menggelar Latihan Pengamanan VVIP, di mana pada TA 2019 ini dilaksanakan selama lima hari, mulai Selasa (9/7) hingga Sabtu (13/7),” ujar Pangdam saat penutupan “Pengamanan VVIP TA 2019” di Lapangan ITDC, Nusa Dua.
 
Latihan ini, kata Pangdam, sangat penting dilaksanakan mengingat wilayah teritorial Kodam IX/Udayana meliputi Bali, NTB, dan NTT sering dijadikan tempat penyelenggaraan sejumlah event nasional maupun internasional.
 
Kodam IX/Udayana, lanjut Panglima, harus selalu siap mengamankan setiap event yang tergelar tersebut, agar dapat berjalan tertib, aman, dan lancar.
 
Melalui latihan ini diharapkan masing-masing personel dapat mengetahui dan memahami tugas serta tanggung jawabnya dalam setiap melaksanakan tugas pengamanan VVIP di lapangan. Serta mempedomani berbagai materi, baik teori maupun praktek yang diajarkan dan dilatihkan serta dibuat protap pengamanan untuk dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas pengamanan VVIP ke depan.
 
“Dengan menguasai materi pengamanan secara optimal, maka akan dapat mencegah, menanggulangi, dan mengatasi setiap ancaman, tantangan serta gangguan potensial terhadap obyek Pam VVIP secara profesional dan proporsional,” tegas Jenderal Benny Susianto.
 
Menurut Jenderal TNI AD bintang dua itu, penguasaan materi oleh peserta latihan cukup baik dan seluruh jadwal latihan dapat dilaksanakan sesuai rencana waktu, sehingga hasil evaluasi menunjukkan bahwa satuan jajaran Kodam IX/Udayana siap melaksanakan pengamanan VVIP.
 
Dikaitkan dengan tugas pokok TNI sesuai Undang-Undang RI Nomor: 34/Tahun 2004 tentang TNI, yaitu melaksanakan tugas Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), di mana tugas pengamanan yang dilatihkan ini sesuai dengan tugas TNI. Selanjutnya, mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya, serta mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia.
 
“Tugas pokok TNI yang dijabarkan dalam OMSP tersebut ada 14 tugas, salah satunya adalah pengamanan VVIP, hal ini menjadi atensi dan dianggarkan setiap tahun untuk dilakukan dan terintegrasi dengan beberapa institusi kepolisian, pemda, dan unsur pengamanan lainnya yang ada di wilayah. Skenario yang dimainkan, selain pam VVIP, ancaman dari pembunuhan juga bom bunuh diri serta ancaman bencana alam,” jelas Pangdam.
 
Managing Direktor ITDC The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita mengapresiasi kegiatan tersebut, sekaligus menjadi bagian kesiapan ITDC mengantisipasi berbagai kondisi yang akan terjadi, karena kawasan Nusa Dua yang dikelola ITDC memiliki sejumlah fasilitas untuk penyelenggaraan pertemuan berskala besar, baik nasional maupun internasional.
 
 “Ada dua unsur penting dalam industri pariwisata, yaitu safety security dan pelayanan terbaik,” kata Gusti Ngurah Ardita yang turut mendampingi Pangdam, sekaligus menyaksikan kegiatan praktek lapangan pam VVIP.
 
Turut hadir dalam acara tersebut, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana, para Perwira Staf Ahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam dan para Asisten Kasdam IX/Udayana, sejumlah Komandan/Kabalakdam IX/Udayana, dan Tim Wasevlat Mabes TNI serta beberapa undangan terkait lainnya.(u)