Pangdam Pimpin Sidang Parade Calon Tamtama 2019 | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 08 Agustus 2020
Diposting : 5 April 2019 23:22
Joko Mulyono - Bali Tribune
Bali Tribune/Pangdam Udayana memeriksa calon Tamtama.

balitribune.co.id | DenpasarPangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, SIP, selaku Ketua Panitia Daerah Bali memimpin acara sidang parade tingkat Panda Bali Calon Tamtama (Cata) PK TNI Angakatan Darat (AD) Gelombang I/TA 2019 di Aula Makodam IX/Udayana, Denpasar.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan calon prajurit yang berkualitas dan memenuhi seluruh aspek persyaratan yang ditentukan oleh TNI AD. Pimpinan TNI AD terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan cara memilih calon prajurit secara proporsional dan profesional serta transparan,” ujar Pangdam.

Oleh karena itu, sambung Pangdam, para pendaftar yang telah lolos seleksi administrasi, kesehatan dan jasmani harus mengikuti sidang parade ini. Waktu pelaksanaan seleksi sangat singkat dan ketat serta menerapkan sistem gugur di setiap tahapan seleksi, namun tetap mengindahkan norma dan aturan-aturan yang berlaku,” jelas Jenderal Benny Susianto.

Sehingga, diharapkan dengan menerapkan sistem seleksi seperti ini akan meminimalisir terjadinya percaloan oleh oknum dalam perekrutan prajurit, baik yang dilakukan oleh oknum prajurit maupun masyarakat umum yang memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, SIP, menambahkan, seleksi Pantukhir Daerah (Panda) Bali yang dipimpin Pangdam IX/Udayana merupakan tahapan akhir tingkat daerah di wilayah Bali dari rangkaian seleksi penerimaan calon prajurit Tamtama TNI AD.

Tercatat dari 478 orang pendaftar di wilayah Provinsi Bali, diperoleh 304 calon yang memenuhi syarat. Seluruh peserta yang lolos sidang parade nantinya akan menjalani seleksi lanjutan di tingkat pusat oleh Panitia Pusat (Panpus) meliputi, seleksi administrasi, akademik, kesehatan, kesemaptaan jasmani, postur, dan mental ideologi.

 “Alokasi yang disiapkan sebanyak 220 orang yang memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan guna ditempa menjadi prajurit Tamtama TNI AD sejati yang siap ditempatkan di seluruh wilayah NKRI,” kata Kapendam. Turut hadir pada acara tersebut, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Irdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Kaajendam IX/Udayana, dan Kakesdam IX/Udayana.