Pasang Sambungan Baru, Pelanggan Dapat Subsidi | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 25 Juni 2024
Diposting : 19 September 2023 15:35
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune/ Direktur PAM Tirta Danu Arta Dewa Gede Ratno Suparso Mesi.

balitribune.co.id | Bangli - Perumda Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM) Bangli, kembali memberikan  subsidi bagi calon pelanggan baru. Subsidi diberikan untuk sambungan rumah ini merupakan program gebyar promo sambungan rumah untuk kali kedua. Selain itu calon pelanggan akan dimudahkan karena pembayaran boleh melalui kredit.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Dewa Gede Ratno Suparso Mesi mengatakan, gebyar promo sambungan rumah ini tiada lain  bertujuan untuk meningkatkan target layanan PDAM. Selain itu untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh sambungan atau layanan PDAM.

Masyarakat yang memanfaatkan gebyar promo sambungan rumah akan mendapatkan subsidi yang rata-rata Rp 900 ribu per sambungan. Dalam gebyarkali  ini ditarget 700 sambungan baru dan tersebar di seluruh kecamatan yakni Bangli, Susut, Kintamani dan Tembuku. Dipastikan walapun ada penambahan pelanggan,  produksi air mencukupi. "Untuk produksi air mencukupi," jelasnya, Senin (18/9/23).

Beber Direktur yang akrab dipabnggil Dewa Rono ini,  untuk tarif reguler sambungan baru tidak membuat terowong sebesar Rp 2.750.100 sedangkan pada gebyar ini tarif Rp 1.854.000. Kemudian untuk sambungan baru dengan membuat terowong Rp 3.401.000 dan saat gebyar tarif Rp 2.467.000. "Gebyar promo sambungan rumah ini berlaku  mulai 15 September hingga 15 Oktober mendatang. Dengan program ini masyarakat bisa mendapat keringanan," ungkapnya.

Selain mendapatkan subsidi, calon pelanggan bisa memanfaatkan  pembayaran melalui kredit. Menurut Dewa Rono, pihaknya bekerjasama dengan Bank Daerah Bangli. Jadi masyarakat bisa mengajukan untuk kredit sambungan baru. Untuk pengaprahan sambungan baru melalui gebyar ini persyaratan sama dengan pengaprahan sambungan baru pada umumnya. Ada beberapa yang harus disiapkan seperti foto copy KTP, KK, rekening PLN. "Masyarakat yang mau mendapat bisa melalui unit terdekat atau ke kantor pusat," jelasnya.

Pihaknya memilki target diakhir tahun 2025 jumlah pelanggan bisa mencapai 25.000 pelanggan. “Saat ini total jumlah pelanggan ada diangka 22.700 pelanggan, untuk reliasaikan target kit a mengadakan gebyar promo SR,” kata Dewa Rono.  

Pihaknya juga sedang mengoptimalkan perbaikan layanan di Desa Peninjoan lewat  penggantian dua unit pompa serta pergantian jaringan sepanjang 800 meter. "Untuk unit pompa sudah ada 1 dan kami masih menunggu 1 unit pompa lagi. Dengan penggantian unit pompa kami harapkan layanan di Peninjoan bisa berjalan dengan baik," ungkap Dewa Rono.