Pasien asal Desa Werdhi Buwana Meninggal, Saat Penguburan Keluarga Gunakan APD Lengkap | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 12 Juli 2020
Diposting : 1 June 2020 16:59
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune / PEMAKAMAN - Proses pemakaman jenazah positif Covid-19 asal Banjar Sayan Baleran, Desa Werdhi Buwana, Kecamatan Mengwi, Badung, berlangsung sekitar pukul 07.00 wita, Senin (1/6), di setra setempat.

balitribune.co.id | Mangupura - Penguburan dengan memakai standar protokol yang sangat ketat. Petugas dan kerabat yang mengikuti prosesi pemakaman harus memakai pakaian APD lengkap.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr Nyoman Gunarta yang dikonfirmasi, Senin (1/6), juga membenarkan bahwa jenazah asal Desa Werdhi Buwana, Mengwi yang meninggal dalam perawatan di RS Bali Mandara dimakamkan dengan memakai standar Covid-19.

“Dari RS Bali Mandara, jenazah pasien dikirim ke RSUP Sanglah untuk dilakukan penanganan jenazah sesuai standar Covid. Dan pagi ini sudah dikubur,” ujarnya.

Dengan meninggalnya pasien asal Banjar Sayan Baleran, Desa Werdhi Buwana, Kecamatan Mengwi ini pada Minggu (31/5) lalu, maka otomatis menambah daftar pasien meninggal akibat terpapar Covid-19 di Provinsi Bali. Pasien ini sendiri dinyatakan positif Covid-19 sejak tanggal 28 Mei 2020. 

Pasien berjenis kelamin pria berusia 57 tahun tersebut meninggal dunia dalam perawatan di RS Bali Mandara sekitar pukul 20.00 Wita. “Salah satu pasien covid-19 asal Sayan Baleran itu meninggal dunia semalam di RS Bali Mandara,” kata dr Gunarta.

Lebih lanjut dia menyatakan bahwa pasien ini diketahui terpapar Covid-17 dalam screning tahap II yang dilakukan di Banjar Werdhi Buana beberapa waktu lalu. “Dari hasil pemeriksaaan pasien ini mengidap penyakit jantung dan DM (Diabetes Mellitus),” tegasnya.

Almarhum merupakan pasien covid-19 ke 45 di Badung, dari total 53 pasien yang terkonfirmasi terpapar Covid-19, berdasarkan data hingga Minggu (31/5/2020). Dari 53 pasien tersebut, 26 dinyatakan sembuh, 26 masih dalam perawatan dan 1 orang meninggal dunia. 

Dengan penambahan 1 pasien meninggal dunia di Badung, total sudah 5 pasien covid-19 yang meninggal dunia di Bali. Terdiri dari 3 WNI dan 2 WNA.