PDAM Badung Targetkan Kebocoran Air di Angka 36 Persen | Bali Tribune
Bali Tribune, Kamis 15 April 2021
Diposting : 7 April 2021 13:36
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune / Direktur teknik Made Suarsa didampingi Dirum Made Sugita (kanan)
balitribune.co.id | MangupuraTingkat kebocoran air Perumda Air Minum Tirta Mangutama Badung masih tergolong tinggi, yakni mencapai 46 persen. Terkait hal itu, Direktur Tehnik  Made Suarsa menyatakan akan segera mengambil langkah-langkah untuk menekan angka kebocoran air tersebut.
Disebutkan langkah pertama dari perusahaan plat merah Badung itu yakni pihaknya menginventarisir permasalahan dan melakukan koordinasi dengan seluruh tim. Dari kebocoran yang ada, ujarnya, tak sepenuhnya merupakan kebocoran dari sisi teknik. "Ada ditemukan kebocoran administrasi. Ini tentu saja sangat terkait SDM yang ada baik pembacaan meter, kemudian teknis lainnya," ujar Suarsa saat didampingi Dirum Made Sugita.
 
Saat ini banyak ditemukan kilometer nol. Ini sedang didata dengan menggunakan sistem informasi IT untuk mengetahui sebesar mana riil kebocoran teknis maupun kebocoran administrasinya. "Dengan upaya ini, pada Februari yang lalu, angka kebocoran sudah di bawah 40 persen," katanya.
 
Selain itu kedepan pihaknya juga berencana membentuk tim NRW khusus. Tim ini akan dipoisisikan selevel kepala seksi. "Mereka inilah yang nanti benar-benar memilah kebocoran secara riil. Intinya kami ingin tahu sakitnya itu apa dan kami bisa memberikan dosis dan obatnya," tegasnya.
 
Setelah tim evaluasi ini jadi, katanya, pihaknya berharap bisa terus menekan angka kebocoran air. Tahun ini, pihaknya menargetkan angka kebocoran di angka 36 sampai 37 persen. "Ini target kami di tahun pertama," tegasnya.  

Hukum & Kriminal

Terpopuler